Berita ยป Sosialisasi Kalibrasi Internal Alat Ukur Laboratorium Pengujian Balitkabi

Balitkabi memiliki tiga laboratorium pengujian (laboratorium tanah dan tanaman, laboratorium kimia pangan, dan laboratorium uji mutu benih) yang melaksanakan tupoksi berdasarkan ISO/IEC 17025:2005 dan mendapatkan sertifikat akreditasi sebagai laboratorium penguji dari Komite Akreditasi Nasional (KAN). Laboratorium pengujian Balitkabi memiliki komitmen menerapkan manajemen mutu secara konsisten dan berkesinambungan. Salah satu cara yang harus dilakukan untuk menjamin hasil pengujian sesuai dengan standar yang ditetapkan adalah dengan melakukan kalibrasi peralatan laboratorium. Sistem manajemen kualitas memerlukan sistem pengukuran yang efektif, termasuk di dalamnya kalibrasi formal, periodik dan terdokumentasi, untuk semua perangkat pengukuran. ISO 9000 dan ISO 17025 memerlukan sistem kalibrasi yang efektif. Menurut ISO/IEC Guide 17025:2005 dan Vocabulary of International Metrology (VIM) kalibrasi adalah serangkaian kegiatan yang membentuk hubungan antara nilai yang ditunjukkan oleh instrumen ukur atau sistem pengukuran, atau nilai yang diwakili oleh bahan ukur, dengan nilai-nilai yang sudah diketahui yang berkaitan dari besaran yang diukur dalam kondisi tertentu.
Dengan kata lain, kalibrasi adalah kegiatan untuk menentukan kebenaran konvensional nilai penunjukkan alat ukur dan bahan ukur dengan cara membandingkan terhadap standar ukur yang mampu telusur (traceable) ke standar nasional maupun internasional untuk satuan ukuran dan bahan-bahan acuan tersertifikasi. Untuk itu dalam rangka meningkatkan kompetensi analis laboratorium dan meningkatkan pemahaman mengenai cara kalibrasi internal, pada tanggal 16 Desember 2013 Balitkabi mengadakan sosialisasi kalibrasi internal alat ukur volume, massa, dan suhu. Kegiatan sosialisasi ini diikuti oleh 21 peserta yang merupakan personil laboratorium pengujian Balitkabi. Narasumber kegiatan sosialisasi ini adalah Bapak Gangsar Sulistyarto (asesor ISO/IEC 17025 dari KAN dan merupakan pensiunan dari Laboratorium Kalibrasi, UPT. Pengujian Sertifikasi Mutu Barang dan Lembaga Tembakau, Dinas Perindustrian dan Perdagangan, Pemprov Jawa Timur).
Materi sosialisasi meliputi: 1) pengertian umum kalibrasi dan sertifikat kalibrasi, 2) Prosedur/instruksi kerja/metode kalibrasi temperature enclosure (oven/incubator/furnace/waterbath/cold storage), 3) Prosedur/instruksi kerja/metode kalibrasi timbangan elektronik, dan 4) Prosedur/instruksi kerja/metode kalibrasi volumetric. Selama pelaksanaan sosialisasi para personil laboratorium banyak berkonsultasi dengan narasumber mengenai pengecekan antara kondisi alat laboratorium, pengaruh suhu ruangan bagi kinerja alat, dan juga pemeliharaan sehari-hari yang perlu dilakukan agar alat laboratorium tetap bekerja dengan baik.

Wiwit/Ery