Berita ยป Sosialisasi Reformasi Birokrasi dan Zona Integritas

Kepala Balitkabi pada sosialisasi RB dan ZI

Kepala Balitkabi pada sosialisasi RB dan ZI

Tindak lanjut telah disosialisasikannya Road Map Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian 2020-2024, Balitkabi melakukan Sosialisasi Reformasi Birokrasi (RB) dan Zona Integritas (ZI) pada Selasa 23 Maret 2021 yang diikuti oleh seluruh ASN lingkup Balitkabi, baik yang ada di Balitkabi maupun di IP2TP, dilakukan secara luring di Aula Balitkabi dan daring.

Kepala Balitkabi, Dr. Ir. Titik Sundari, MP., saat membuka sosialisasi menekankan secara tegas bahwa RB dan ZI bukan semata-mata menjadi tanggung jawab pimpinan, tetapi menjadi area kerja dan tanggung jawab seluruh ASN Balitkabi, tanpa kecuali. Sosialisasi ini bertujuan untuk memberikan pemahaman tentang RB dan ZI. Setiap individu dapat melakukan dan pemahaman terhadap perubahan sistem penyelenggaraan pemerintahan dan tatalaksananya. Hal penting yang ditekankan adalah penyederhanaan tatalaksana pemerintahan, harus dibuat lebih lancar dan sederhana, SOP-SOP yang ternyata menghambat jalannya pemerintahan, harus disederhanakan, sehingga menjadi efektif dan efisien. RB pada intinya mengedepankan penyelenggaraan pemerintahan untuk menghasilkan sistem pemerintahan yang baik (good governance), dan ZI mengedepankan penyelenggaraan pemerintahan menjadi transparan dan akuntabel.

Pemahaman terhadap RB dan ZI disampaikan oleh Sub Kordinator Substansi Pelayanan Teknis Balitkabi, Dr. Rudi Iswanto, tentang Kebijakan Reformasi Birokrasi Kementerian Pertanian Tahun 2021. Dalam paparannya diberikan pemahaman dan program RB, ZI-WBK/WBBM. Disampaikan juga 8 Area Perubahan RB yaitu (1) Manajemen perubahan, (2) Peraturan perundang-undangan, (3) Penguatan kelembagaan organisasi, (4) Penguatan tata laksana, (5) Penguatan SDM, (6) Penguatan akuntabilitas, (7) Penguatan pengawasan dan (8) Penguatan kualitas pelayanan publik. Sedangkan pada ZI disampaikan tentang proses pembangunannya, yaitu mulai dari pencanangan ZI, pembangunan ZI, pengusulan ZI, review oleh TPN, dan penetapan WBK/WBBM oleh Kementerian PAN RB bersama KPK dan Ombudsman.

Peserta antusias mengikuti sosialisasi, memberikan masukan, kritik, dan saran-saran demi pelaksanaan RB dan pembangunan ZI di Balitkabi. Agen Perubahan sudah terbentuk untuk memperkuat capaian RB dan ZI. Dr. Titik Sundari menyampaikan bahwa tercapainya pelaksanaan RB dan ZI memerlukan dukungan dan kerjasama dari seluruh ASN Balitkabi.

AK

zi1 zi2 zi3
Penyampaian materi oleh Dr. Rudi Iswanto, dan peserta sosialisasi RB dan ZI