Berita » Staf Administrasi dan Ketatausahaan Balitkabi Studi Banding ke Badan Litbang Pertanian dan Puslitbangtan

Studi banding staf administrasi dan ketatausahaan Balitkabi ke Badan Litbang Pertanian, 13 Maret 2020

Studi banding staf administrasi dan ketatausahaan Balitkabi ke Badan Litbang Pertanian, 13 Maret 2020

Balitkabi memberangkatkan 35 staf yang terdiri dari 17 orang ASN, 3 orang PPNPN dan 15 orang tenaga harian untuk melakukan studi banding pengelolaan ketatausahaan ke Badan Litbang Pertanian sebagai Eselon I dan Puslitbangtan sebagai Eselon II pada tanggal 13 Maret 2020. Pegawai Balitkabi terdiri dari unsur pengelola kepegawaian, pengelola keuangan, panitia pengadaan dan tenaga kebersihan. Rombongan Balitkabi oleh Koordinator Kepegawaian, Drs. Subarkah dan Bendahara Pengeluaran Balitkabi yaitu Siti Ngatminah.

Kegiatan studi banding diawali dengan kunjungan ke kantor Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Badan Litbang Pertanian) di Jl. Ragunan 29 Pasar Minggu, Jakarta Selatan sebagai Eselon I. Disini, rombongan diterima dengan baik oleh Kasubbag TURT, Derajat Nurbazarah, S.P. dan Koordinator Rumah Tangga, Arlan Widiantar beserta jajarannya. Dalam sambutan pengantarnya, Drs. Subarkah menyampaikan maksud dan tujuan rombongan ke Badan Litbang Pertanian. Kegiatan studi banding ini dilakukan dengan tujuan untuk menyinergikan ketatausahaan yang meliputi pengelolaan keuangan, kepegawaian, pengarsipan maupun kebersihan kantor secara keseluruhan guna mendukung kinerja pembangunan pertanian sesuai program Kementerian Pertanian.

Derajat memberikan arahan terkait ketatausahaan secara umum pada Eselon I di Badan Litbang Pertanian. Pengelolaan ini dimulai dan ditekankan pada sistem informasi yang terintegrasi sejak di front office. Pada bagian ini, semua tamu didata secara baik dan terperinci akan maksud dan tujuannya oleh Satpam. Hal ini membantu pendataan secara tertelusur. Penataan pada bagian-bagian yang lain juga dilakukan secara bertahap. Pada sektor penataan kepegawaian, memang lebih mudah karena berada pada Eselon I. Balitkabi dapat mengikuti sistem yang sudah dibangun di Eselon I dengan mengedepankan komunikasi intensif dengan Eselon di atasnya.

Penataan sektor kebersihan dimaksudkan untuk pengelolaan kebersihan yang lebih baik lagi, baik sistem maupun penataan tenaganya. Di Badan Litbang Pertanian, semua pegawai kebersihan yang berstatus sebagai tenaga harian, diakomodasi oleh pihak ketiga yang dikerjasamakan. Hal ini dimaksudkan untuk memperbaiki kinerja semua tenaga kebersihan agar mampu mewujudkan wajah kantor sebagai Eselon I sesuai standar perusahaan outsourcing. Dengan memasukkan tenaga kebersihan ke dalam perusahaan outsourcing, maka gaji mereka dibayarkan secara layak mengikuti Upah Minimum Regional melalui DIPA dengan perhitungan yang telah ditetapkan secara standar.

Terakhir Derajat memberikan arahan terkait pengelolaan kearsipan yang terintegrasi. Bahwa dibutuhkan komitmen untuk menata ruang arsip secara menyeluruh, baik penataan aplikasi yang dibuat sendiri sebagai data base maupun penataan kondisi ruang secara baik, mengingat arsip yang ada sebagai dokumen penting yang mudah rusak karena waktu.

studi studi2
 Suasana pertemuan staf Balitkabi di Kantor Badan Litbang Pertanian. (Sumber foto Siti Ngatminah)

Perjalanan dilanjutkan ke kantor eselon II Puslitbang Tanaman Pangan tepatnya di Jl. Merdeka 147 Bogor. Sesampai di lokasi, rombongan disambut dengan sangat baik oleh Kepala Puslitbang Tanaman Pangan Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA beserta jajaran pejabat Eselon III dan Eselon IV antara lain Ir. Hatta Muhammad, M.Si selaku Kabag Tata Usaha, Dr. Agus Wahyana Anggara, S.Si., M.Si sebagai Kabid KSPHP, Dr. Andy Wijanarko, SP., M.Sc selaku Kabid PE, Happy Three Agustiwi, SE., M.Si selaku Kasubbag Keuangan dan Perlengkapan, Eman Paturohman, SP., M.Si sebagai Kasubag Kepegawaian dan Dr. Ronald Timbul Pardamean Hutapea sebagai Kasubbid PHP.

studi3 studi4
Pejabat eselon III dan IV Puslitbangtan (kiri) dan Kapuslitbangtan Dr. Haris Syahbuddin ketika menerima rombongan dari Balitkabi (Kanan) (Sumber foto Siti Ngatminah)

Kepala Puslitbang Tanaman Pangan memperkenalkan semua pejabat Eselon III dan IV dilanjutkan dengan memberikan arahan dan masukan mengenai komitmen pegawai, semangat kerja maupun integritas yang tinggi. Dalam arahannya, Dr. Ir. Haris Syahbuddin, DEA berpesan untuk selalu menjaga nilai moral dan akhlak sebagai ASN karena melekat pada nama baik institusi. Bahwa semua pegawai, apapun statusnya merupakan kebanggaan seluruh keluarga dan masyarakat. Hal inilah yang mendasari pemberian sanksi tanpa melalui delik aduan jika ada pelanggaran disiplin pada ASN yang bersangkutan.

Di akhir sambutannya, Haris berpesan untuk tetap menjaga kesehatan dan kebersihan diri dan lingkungan di tengah gempuran pandemik virus Corona. Beliau selaku Kepala Puslitbang Tanaman Pangan sangat mengapresiasi kegiatan studi banding ini, sebagai pengenalan induk organisasi kepada jajaran di bawahnya. Acara berakhir dengan pemberian cendera mata secara simbolis kepada ketua rombongan Drs. Subarkah.

Foto Bersama Kapuslitbangtan, pejabat eselon III dan IV Puslitbangtan dengan Staf Administrasi dan Ketatausahaan Balitkabi di Puslitbangtan

Foto Bersama Kapuslitbangtan, pejabat eselon III dan IV Puslitbangtan dengan Staf Administrasi dan Ketatausahaan Balitkabi di Puslitbangtan

ELY