Berita » Staf Perpustakaan Balitkabi Ikuti Seminar Perpustakaan di Unibraw

1-aaaaw_1

Selama dua hari, 18-19 Maret 2013, dua staf perpustakaan Balitkabi, Sutardji, S.Sos dan Sri Ismi Maulidyah, A.Md., mengikuti seminar di Perpustakaan Universitas Brawijaya. Pada hari pertama, Kepala Perpustakaan Nasional Republik Indonesia, Ibu Dra. Sri Sularsih SH, MSi. menyampaikan materi Kebijakan Perpustakaan & Kepustakawanan Nasional.

Dalam penyampaian pembukaan materinya, beliau menyampaikan rasa bangga terhadap Perpustakaan UB yang telah menjadikan perpustakaan sebagai jantungnya perguruan tinggi. Lebih lanjut dikatakannya bahwa “Remaja kalau ingin dibilang gaul tidak harus menjadi anak mall”. Tapi dengan membaca remaja bisa menjadi anak gaul, dengan memanfaatkan teknologi canggih, seperti tablet dan I Pad yang diakses dalam bentuk e-book atau buku elektronik.

Pak Sutardji (Kanan) dan Pak Winarto (kiri) sedang memperkenalkan buku-buku koleksi perpustakaan Balitkabi kepada para siswa SD.

Selain itu, Ibu Sri menyampaikan bahwa Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (PNRI) telah melaksanakan revitalisasi, yaitu: (1) mengembangkan perpustakaan digital secara bertahap di kabupaten/kota, (2) penguatan perpustakaan dengan memperbantukan 450 koleksi buku, software dan hardware, dan (3) perpustakaan keliling yang menjangkau seluruh pelosok daerah, diwujudkan dalam bentuk sumbangan mobil keliling dan kapal.

Perpustakaan merupakan simbol kemajuan peradaban manusia dan simbol kebanggaan suatu bangsa. Oleh karena itu Pemerintah Indonesia (Perpustakaan Nasional RI) akan membangun gedung baru dengan 24 lantai di Jln. Merdeka Selatan 11 Jakarta. “Gedung ini nantinya akan menjadi gedung perpustakaan termegah se Asia Tenggara”, tandasnya.

Hari kedua, dilaksanakan acara bedah buku “Layanan Cinta“. Buku ini ditulis oleh Achmad, Mansyur, Surono dan Edy. Mereka menulis buku berdasarkan pengalaman mereka langsung dalam mengelola perpustakaan di salah satu Perguruan Tinggi yaitu Institut Teknologi Sepuluh November (ITS).

Buku dibedah dengan menghadirkan tiga orang yang berkompeten, yaitu Dr Imas Maisarah M.Lib, Drs Darmono Msi, dan Dra Munawarah MM. Buku layanan cinta mengulas berbagai hal yang ditujukan untuk memanjakan para pengunjung dan pengguna perpustakaan (pemustaka).

Seminar diikuti oleh lingkup perpustakaan perguruan tinggi negeri/swasta Jawa Timur dan Jawa Tengah, SMA/SMK se Malang Raya, dan perpustakaan khusus. Selain itu, seminar ini dihadiri oleh Kepala Perpustakaan Nasional Provinsi Jawa Timur, Kepala Perpustakaan Kota/ Kabupaten Malang, dan Kepala Perpustakaan Bung Karno (Blitar).

Sutardji/AW