Berita » Supervisi Semester I 2016 PUI Akabi

Dalam rangka mendorong dan meningkatkan kapasitas lembaga perlu dilakukan supervisi kepada seluruh Pusat Unggulan Iptek (PUI). PUI Akabi yang telah ditetapkan pada akhir tahun 2014 dilakukan supervisi oleh Tim Kemenristek dan Dikti pada tanggal 1 dan 2 Agustus 2016. Sebagai supervisor adalah Prof. Dr. Suyamto, Dr. I. Made Jana Mejaya dan Yudho Baskoro Muriadi S.Sos, M.Si, MPP.

Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo, menyampaikan bahwa supervisi diperlukan untuk melihat dan mendorong kinerja PUI Akabi, dan KNAPPP merupakan bagian yang tidak terpisahkan dengan PUI, makanya keduanya harus segera diamankan dan diselesaikan. PUI juga merupakan kebanggaan bagi pekerja-pekerja keras di Balitkabi.

Diskusi dengan pengelola dan pembukaan supervisi PUI Akabi.

Diskusi dengan pengelola dan pembukaan supervisi PUI Akabi.

Disampaikan oleh Bapak Yudho bahwa program PUI tahun 2016 adalah memperkuat fasilitasi dan asistensi bagi lembaga PUI baik yang sudah ditetapkan maupun dalam tahap pembinaan. Harapannya setiap PUI memiliki kinerja yang menggambarkan kapasitas, kapabilitas dan kontinyuitas.

PUI sebagai lembaga litbang unggul didorong untuk memperkuat diseminasi dan hilirisasi. Penilaian kinerja berbasiskan input, proses, output, outcome dan impact. Peran supervisor adalah men-support capaian kinerja tersebut.

Supervisor dan pemaparan oleh Yudo Baskoro dan Ayda Krisnawati.

Supervisor dan pemaparan oleh Yudo Baskoro dan Ayda Krisnawati.

Pemaparan kemajuan pelaksanaan kegiatan PUI Akabi pada semester I 2016 disampaikan oleh Ayda Krisnawati M.Sc. Hingga semester I 2016, capaian PUI Akabi telah mencapai 267,97%, lebih tinggi dibandingkan capaian pada tahun 2015 sebesar 265,83%.

Berbagai kendala capaian kinerja adalah rendahnya publikasi jurnal nasional terakreditasi, lulusan S3 dan juga kerjasama bisnis. Hal tersebut juga menjadi perhatian supervisor termasuk upaya untuk mendorong berbagai kendala tersebut.

MMA