Berita » Surveilan Pertama untuk KNAPPP Balitkabi

surveilan

Penyerahan hasil surveilan oleh TIM Asesor KNAPPP ke Kepala Balitkabi

KNAPPP (Komite Nasional Akreditasi Pranata Penelitian dan Pengembangan) merupakan salah satu penjamin mutu kegiatan penelitian dan pengembangan pada suatu pranata litbang. Pranata Balitkabi telah memperoleh akreditasi KNAPPP sejak tanggal 9 November 2017 dan berlaku hingga tahun 2020. Dengan perolehan akreditasi KNAPPP, maka selain unggul dalam memperoleh capaian kinerja, proses dan kelengkapan yang dimiliki Balitkabi sebagai lembaga penelitian juga layak diakui secara nasional.

Dalam rangka pemantauan dan pengawasan pelaksanaan sistem mutu KNAPPP di Balitkabi, Kemenristekdikti menyelenggarakan surveilan yang pertama pada tanggal 27‒28 Agustus 2018 dengan ketua tim asesor Ibu Rosmawaty Peranginangin, anggota Bapak Radite P. Setiawan dan Saptowo J. Pardal didampingi oleh Ibu Lelya Nirsa dan Andi Sandrani dari sekretariat KNAPPP Kemenristek Dikti.

Asesmen dibuka dan ditutup oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, M.S. dengan dihadiri oleh pejabat eselon IV, ketua program penelitian, ketua kelompok peneliti (Kelti), koordinator KP Kendalpayak dan Jambegede. Surveilan dilakukan terhadap penerapan sistem manajemen mutu penelitian dan pengembangan pada empat ruang lingkup bidang penelitian yang telah diakreditasi, yaitu ruang lingkup 1) 08.05.01 Pemuliaan Tanaman, 2) 08.05.02 Agronomi, 3) 08.02.00 Ilmu Tanah Terapan, dan 4) 08.05.03 Proteksi berdasarkan Pedoman KNAPPP 02:2017. Penilaian kesesuaian antara penerapan sistem manajemen mutu penelitian dan pengembangan dengan Pedoman KNAPPP 02:2017 dilakukan terhadap pelaksanaan kegiatan penelitian dan bukti capaian (output) kinerja Balitkabi meliputi publikasi, varietas unggul baru, pvt, benih sumber, paten, layanan jasa, kerja sama penelitian, serta sarana pendukung.

Penutupan surveilan dilaksanakan tanggal 28 Agustus 2018 dengan agenda penyampaian temuan ketidaksesuaian, segi positif dan negatif pelaksanaan litbang, serta saran perbaikan dan peningkatan dalam penerapan sistem mutu. Dalam pemaparan hasil kesimpulan, disampaikan bahwa Balitkabi sebagai pranata litbang telah terbukti melaksanakan kegiatan penelitian dan pengembangan dengan bukti hasil penelitian yang telah didiseminasikan baik secara lokal maupun nasional. Sasaran mutu yang telah ditetapkan pada tahun 2017 telah dicapai dengan baik oleh Balitkabi.

Berdasarkan bukti penerapan sistem manajemen mutu pada kegiatan penelitian dan pengembangan tersebut, Tim Asesor merekomendasikan Balitkabi ke KNAPPP agar dipertahankan status akreditasinya setelah menindaklanjuti ketidaksesuaian sesuai dengan KNAPPP 02:2017 untuk ruang lingkup : 08.02. Tanaman Pangan, Hortikultura dan Perkebunan (Food Crops, Horticulture and Estate Crops).

surveilan1

Pelaksanaan Surveilan

HP