Berita » Tanam Kedelai di Lorong Sawit

sawitKegiatan budi daya kedelai di bawah naungan kelapa sawit “Budena Kelapa Sawit” adalah salah satu program Balitkabi yang bertujuan meningkatkan produksi kedelai pada lahan kawasan sawit seluas 40 ha dengan produktivitas 2,0−2,5 t/ha. Kegiatan dilaksanakan di Desa Tanjung Jati, Kec. Binjai, Kabupaten Langkat, Provinsi Sumatera Utara, seluas 40 ha.

Varietas kedelai yang diperkenalkan dalam kegiatan ini adalah Dena 1, Argomulyo, Dega 1 dan Anjasmoro. Kegiatan Budena Kelapa Sawit memanfaatkan lahan tanaman belum menghasilkan (TBM) yaitu TBM 1 dan TBM 2. Teknologi yang diperkenalkan pada petani pada kegiatan superimpose seluas dua hektar adalah teknologi jajar legowo jarak tanam 50 x (30 x 15) cm dan teknologi jarak tanam biasa 40 x 15 cm masing-masing dengan perlakuan pupuk hayati Agrisoy (20 g/10 kg benih), pupuk kandang (1 t/ha) dan dolomit (1 t/ha), dibandingkan dengan teknologi petani setempat.

Tanaman di lokasi TBM 1 telah mencapai umur 40 hari setelah tanam (HST). Secara umum, ketiga teknologi yang diterapkan menunjukkan keragaan tanaman yang sangat bagus. Tinggi tanaman kurang lebih 40−50 cm. Varietas Argomulyo dan Anjasmoro dalam masa berbunga, Varietas Dega memasuki masa pengisian polong, sedangkan Varietas Dena 1 memasuki masa pembentukan polong.

Keragaan tanaman Varietas Dena 1 (kiri) dan Argomulyo (kanan) di superimpose TBM 1.

Keragaan tanaman Varietas Dena 1 (kiri) dan Argomulyo (kanan) di superimpose TBM 1.

Kedelai Varietas Anjasmoro, Dena 1, Dega 1, dan Argomulyo juga ditanam pada lahan TBM 2, hingga saat ini tanaman telah berumur 30 HST. Keragaan tanaman kedelai di TBM 2 tidak kalah bagus dengan TBM 1. Tinggi tanaman berkisar antara 20−25 cm dengan jumlah tangkai berkisar antara 8−11 tangkai/rumpun.

“Kerja keras, semangat, dan koordinasi yang baik adalah yang kita butuhkan untuk menyukseskan program kegiatan ini”, ungkap pak Sartono, seorang petani inovator di Tanjung Jati, dalam menyemangati para petani yang terlibat dalam kegiatan Budena Kelapa Sawit.

KN/SBE