Berita » Tancapkan Harapan Pertanian ke Generasi Muda

berita_9_8_18_2aDunia pertanian memang sangat menarik dan bisa dinikmati oleh berbagai kalangan baik usia muda maupun tua. Tanaman pangan sebagai penyokong kehidupan tentu sangat penting peranannya.

Menumbuhkan rasa ingin tahu pada generasi muda pada bidang pertanian harus terus digelorakan. Hari ini 9 Agustus 2018 Balitkabi mendapat kunjungan yang luar biasa. Tidak kurang dari 90 siswa SD Belimbing 3 Malang datang ingin belajar dan mengenal tanaman pangan khususnya tanaman aneka kacang dan umbi.

berita_9_8_18_2dDengan ayunan tangan dan langkah kaki, anak-anak ini semangat memasuki lorong-lorong ruang di Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi. Tim edukasi Balitkabi yang terdiri dari Siti Muzaiyanah, S.P., Wiwit Rahajeng, S.P., dan Nuryati, S.P., M.P., memberikan materi pengenalan tanaman aneka kacang dan umbi di Aula Balitkabi. “Tanaman pangan ini sangat penting loh, seperti yang setiap hari anak-anak makan itu hasil dari Bapak Tani yang menanam tanaman pangan, kita harus berterima kasih kepada Bapak Tani,” kata Bunda Siti Muzaiyanah.

Setelah dari aula mereka diajak ke pertanaman aneka kacang dan umbi di Kebun Percobaan Kendalpayak. Kembali siswa siswi tersebut mendapat bimbingan lapang dari tim edukasi Balitkabi terkait budi daya tanaman aneka kacang dan umbi. Coretan pena mereka mengisi lembar demi lembar buku catatan yang mereka bawa. Rasa ingin tahu dan keseriusan mereka menghilangkan rasa panas yang menyengat.

berita_9_8_18_2c berita_9_8_18_2b berita_9_8_18_2e

Itulah calon generasi-generasi peneliti Balitbangtan yang siap menghadapi tantangan ke depan.

BSK