Berita ยป Tatanan Normal Baru Produktif dan Aman dari COVID-19 di Balitkabi

Apel senin pagi dengan penerapan physical distancing pada tatanan normal baru di Balitkabi (foto : Regina Mayo)

Apel senin pagi dengan penerapan physical distancing pada tatanan normal baru di Balitkabi (foto : Regina Mayo)

Setelah lebih dari tiga bulan (95 hari) menjalankan WFH bagi sebagian besar ASN akibat pandemic COVID-19, mulai 5 Juni 2020 seluruh ASN Balitkabi kembali bekerja di kantor (WFO). Balitkabi mulai mengikuti tatanan normal (new normal) beraktivitas di kantor dengan mengedepankan aspek produktif dan aman meski pandemi COVID-19 belum usai. Sarana dan prasarana pencegahan penyebaran COVID-19 di kantor Balitkabi telah lama disiapkan dan digunakan seperti alat pengecek suhu (thermogun), hand sanitizer, wastafel untuk cuci tangan, penggunaan desinfektan, penggunaan masker, physical distancing, dan lain sebagainya. untuk memulai tatanan normal baru bekerja di kantor.

Pemeriksaan suhu tubuh menggunakan thermogun di pintu gerbang oleh petugas dilakukan untuk memastikan kesehatan semua staf/tamu yang memasuki wilayah kantor. Peraturan wajib menggunakan masker bagi semua staf/tamu selama di kantor, aturan menjaga jarak antar staf selama beraktivitas serta mengurangi rapat secara tatap muka, termasuk aturan baru dalam menjalankan tugas dinas luar. Infografis baru tatanan new normal dipasang padaarea strategis lobi kantor untuk mengingatkan setiap staf Balitkabi.

Apel pagi setiap hari senin mulai dilakukan dengan penerapan physical distancing. Di hari-hari berikutnya menarik ditemui sejumlah staf Balitkabi meluangkan waktu sejenak berjalan ringan mencari hangatnya sinar matahari pagi di kebun IP2TP Kendalpayak yang tepat berada di belakang kantor Balitkabi. Para staf Balitkabi tetap melaksanakan protokol pencegahan COVID-19 seperti memakai masker dan menjaga jarak saat berjemur di kebun.

Penggunaan teknologi informasi berbasis IoT mempercepat penyelesaian tugas-tugas di era new normal. Sejumlah video confence dan Webinar digelar berkaitan dengan tugas-tugas kedinasan serta kepentingan penelitian dan pengembangan pertanian. Meskipun demikian kunjungan dan pengamatan lapang yang mengharuskan kedatangan fisik tetap dilakukan dengan mengikuti prosedur pencegahan COVID-19.

Menarik yang disampaikan Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi bahwa palang pintu perubahan sangat ditentukan pada keberhasilan dalam membentuk budaya kerja yang inovatif dan implementatif. Pandemi Corona saat ini harus dihadapi dengan mitigasi dan adaptasi atas kemungkinan risiko yang terjadi. Inilah tatanan normal baru yang akan menjadi kebiasaan baru warga Balitkabi agar tetap produktif dan aman menghasilkan inovasi teknologi akabi untuk mewujudkan keamanan pangan bagi 267 juta penduduk Indonesia seperti yang selalu ditekankan Mentan Dr. Syahrul Yasin Limpo.

sosial1 sosial2

Balitkabi menjalankan tatanan normal baru produktif dan aman dari COVID-19

Balitkabi menjalankan tatanan normal baru produktif dan aman dari COVID-19

Webinar memperkecil pertemuan fisik

Webinar memperkecil pertemuan fisik (Foto: Yuliantoro Baliadi)

kegiatan di lapang pengamatan sekaligus meningkatkan imun tubuh dengan berjemur

kegiatan di lapang pengamatan sekaligus meningkatkan imun tubuh dengan berjemur (foto” Yuliantoro Baliadi)

 

RDP