Berita » Teknologi Pengendalian Hama Lalat Batang

Bertempat di aula Balitkabi, hari Senin 2 Oktober 2017, Kurnia Paramita Sari, S.P. menyampaikan hasil penelitiannya yang berjudul “Teknologi Pengendalian Hama Lalat Batang (stem fly) Melanagromyza sojae Zehntner berdasarkan Periode Kritis Tanaman”. Kegiatan penelitian ini merupakan salah satu IKU Teknologi yang harus dicapai Balitkabi pada tahun 2017.

Mengawali presentasinya, Kurnia menyebutkan bahwa lalat batang di Indonesia belum ditetapkan sebagai hama utama pada tanaman kedelai, meskipun begitu penyebaran hama ini cukup luas terutama di Asia termasuk Indonesia. Di Indonesia hama ini banyak ditemukan di daerah Sumatera Utara, Sumatera Barat, dan sentra kedelai Jawa Timur. Berdasarkan hasil survei, puncak serangan terjadi pada 5−8 minggu setelah tanam dengan intensitas serangan berkisar antara 72−100% dan menurun saat musim hujan.

Gambar 1. Imago lalat batang.

Gambar 1. Imago lalat batang.

Stadia M. sojae meliputi fase telur, larva, pupa, dan imago. Serangan dengan cara meletakkan telur pada pangkal helaian daun, setelah menetas menjadi larva, masuk ke dalam ruas batang kedelai. Gejala serangan ditandai dengan jaringan empulur dalam batang berwarna coklat karena dimakan oleh larva M. sojae. Serangan hama ini menyebabkan kerugian antara lain: mengurangi tinggi tanaman, luas daun, berat kering, kadar air tanaman, jumlah polong, dan jumlah biji.

Gambar 2. Serangan lalat batang pada batang kedelai.

Gambar 2. Serangan lalat batang pada batang kedelai.

Salah satu teknologi pengendalian yang bisa diterapkan untuk mengatasi hama ini adalah perlakuan benih (seed treatment) menggunakan pestisida sistemik disertai dengan penggunaan varietas unggul. Penggunaan benih varietas unggul kedelai yang diberi perlakuan benih menggunakan insektisida sistemik mampu mengurangi serangan penggerek batang. Varietas Dena menunjukkan intensitas serangan rendah dengan hasil tinggi, mengindikasikan varietas ini toleran terhadap hama M. Sojae dan direkomendasikan untuk daerah endemik M. Sojae.

WR