Berita » Tim P4K Provinsi Lampung Menggali Informasi Budi Daya Tanaman Kedelai di Balitkabi

berita_19_10_17Tim Percepatan Pembangunan Pertanian, Perikanan dan Kehutanan (TP4K) Provinsi Lampung yang beranggotakan para mantan pejabat senior dan akademisi dibawah pimpinan Wakil Gubernur Lampung Periode tahun 2010–2015, Bapak Ir. Joko Umar Said, M.M. pada tanggal 16 dan 17 Oktober 2017 menggali berbagai informasi mengenai kedelai yaitu dari varietas unggul, budi daya, pengendalian OPT, penanganan dan penyimpanan benih sampai dengan produk olahan pangan kedelai dalam kegiatan Magang Budi daya Tanaman Kedelai di Balitkabi.

Tim ini merupakan tim bentukan Bapak Gubernur Lampung yang bertugas memberikan rekomendasi, saran, dan masukan kepada Gubernur serta melakukan advokasi kepada satker lingkup pertanian, perikanan, dan kehutanan dalam upaya percepatan pembangunan pertanian perikanan dan kehutanan di Provinsi Lampung. Selain TP4K, magang juga diikuti oleh 10 petani kedelai yang merupakan ketua gapoktan perwakilan dari 4 kabupaten yaitu Lampung Tengah, Lampung Timur, Tanggamus, dan Pringsewu, 6 orang Pengawas Benih Tanaman, 6 orang Penyuluh Pertanian Pendamping serta 5 orang UPTD penyuluhan.

berita_19_10_17a

Sambutan dan dukungan diberikan oleh Balitkabi untuk kegiatan tersebut, hal ini terbukti dengan disiapkannya narasumber-narasumber handal di bidangnya seperti Prof. Dr. Arief Harsono, Prof. Dr. Didik Harnowo, Dr. Gatut Wahyu Anggoro S., M.P. dan Drs. Bedjo. M.P., bahkan disela-sela kesibukannya Bapak Kepala Balitkabi Dr. Ir. Joko Susilo Utomo, M.P. berkenan untuk menjadi salah satu narasumber.

Selain penyajian materi dan diskusi juga dilakukan kunjungan ke pertanaman aneka kacang dan umbi di KP Kendalpayak serta Unit Pengelolaan Benih Sumber. Antusiasme yang tinggi juga ditunjukkan oleh para peserta dalam setiap materi yang disampaikan maupun diskusi di lapang serta UPBS.

Bapak Ir. Joko Umar Said, M.M. di akhir kegiatan mengungkapkan kepuasannya atas informasi yang telah diberikan oleh narasumber serta pelayanan dan fasilitas yang telah diberikan oleh Balitkabi. Beliau berharap dapat terjalin komunikasi dan kerja sama yang baik dengan Balitkabi dalam peningkatan produksi dan produktivitas kedelai di Provinsi Lampung dalam rangka menyukseskan swasembada kedelai di Indonesia.

berita_19_10_17b

Nuryati