Berita » Titik Tolak Kinerja Balitkabi di tahun 2019 : Penandatangan Kontrak dan Perjanjian Kinerja TA 2019

pk

Penandatanganan kontrak dan perjanjian kinerja lingkup Puslitbangtan antara Kepala Puslitbangtan dengan Kuasa Pengguna Anggaran UK/UPT Lingkup Puslitbangtan telah dilaksanakan di Kantor Puslitbangtan pada 7 Januari 2019. Penandatangan diawali oleh Kepala BBPadi diikuti Kepala Balitkabi, Kepala Balitsereal dan Kepala Lolittungro yang disaksikan oleh Dr. Moch Ismail Wahab, M.S. selaku Kepala Puslitbangtan. Secara bergilir penandatangan kontrak kinerja dilanjutkan sampai pada Eselon IV dari masing-masing UK/UPT lingkup Puslitbangtan.

Kontrak Kinerja merupakan bentuk pertanggung jawaban setiap pejabat Eselon III dan IV secara berjenjang kepada Kepala Puslitbangtan, untuk dikerjakan dan dilaksanakan sebaik-baiknya guna memenuhi target-target yang telah ditetapkan.

Selepas acara penandatangan dilanjutkan dengan arahan Kepala Puslitbangtan, Beliau menyampaikan bahwa baru tahun 2019 penganggaran Balitbangtan berada pada posisi buncit di antara 12 Eselon 1 lainnya, bahkan secara merata pagu anggaran di Kementerian Pertanian mengalami penurunan, namun demikian seluruh unit kerja tetap harus dapat memenuhi dan berkinerja secara optimal guna mendukung program-program Kementan. Program-program Kementan tersebut diantaranya adalah Program SERASI (Selamatkan Rawa Sejahterakan Petani) mendapat apresiasi luar biasa dari petani, yang merupakan program unggulan produk pangan di daerah rawa, khususnya padi dengan keunggulan toleran rendaman selama 9 hari dengan keragaan hasil tinggi. Program Turiman (Tumpang sari Tanaman) dan Tugiman (Tumpang gilir tanaman) sudah menyebar secara masif di seluruh Indonesia, bahkan di beberapa tempat dilaporkan produktivitas tanaman padi tetap stabil.

pk2a

Ke depan program pemerintah lebih mengarah pada sumber daya manusia guna peningkatan kapasitas dan kapabilitas SDM. Kementan akan mengagendakan acara temu nasional penyuluh dan petani milenial dengan menghadirkan 150 ribu orang, yang akan akan diisi materi Bimtek dan pembekalan yang memadai. Program BEKERJA dapat digunakan sebagai pelajaran dan perlu menjadi perhatian.

Hasil evaluasi kinerja 2018 lingkup Puslitbangtan menurut Kepala Puslitbangtan bahwa penderasan via Media Sosial harus lebih masif, semua lini harus ikut aktif mengambil peran. Karena menurut beliau sudah banyak teknologi dan varietas yang dihasilkan, namun masih sangat minim dalam pengenalan atau ekspose ke pengguna. Lebih lanjut Kepala Puslitbangtan menegaskan untuk setiap penanggung jawab kegiatan dengan alokasi anggaran lebih dari 100 juta wajib membuat vlog tentang kegiatan penelitian lapang yang sedang dilakukan, guna menderaskan informasi kegiatan penelitian pada masyarakat.

pk6

Kepala Puslitbangtan juga menyampaikan bahwa di Sulawesi Tenggara sudah ada pengembangan padi dengan mengadopsi teknologi Jarwo Super seluas 1000 ha, namun masih menggunakan varietas lama Ciherang dan Mekongga, hal yang sama juga terjadi pada komoditas pangan lainnya. Di akhir arahan, Kepala Puslitbangtan menyampaikan agar semua UK/UPT lingkup Puslitbangtan secara cepat dan terukur melaksanakan dan menderaskan secara luas hasil kegiatan yang sudah dikerjakan.

pk4 pk5

 

 

 

 

 

 

BSK