Berita ยป Uji Produksi Beberapa Varietas Kedelai di Cianjur

Uji produksi beberapa varietas kedelai Indonesia dan varietas introduksi.

Uji produksi beberapa varietas kedelai Indonesia dan varietas introduksi.

Bentuk tindak lanjut kunjungan dari Syngenta Foundation ke Balitkabi, dilakukan uji beberapa varietas kedelai dan disertai dengan satu varietas kedelai introduksi. Syngenta Foundation berkeinginan untuk berperan serta dalam pengembangan kedelai di Indonesia. Varietas kedelai yang diuji produksinya di Cianjur adalah Argomulyo, Anjasmoro, Dega 1, Devon 1, Dena 1, Grobogan, dan Wilis.

Observasi lapang bersama antara pemulia kedelai Balitkabi (Muchlish Adie) dengan tim Syngenta Foundation, dilakukan tanggal 27 Februari 2018, pada saat tanaman kedelai berumur 63 hari. Keragaan seluruh varietas yang diuji termasuk satu varietas introduksi dalam kondisi optimal. Menurut Pengelola Syngenta Foundation, saat ini sedang diupayakan mendatangkan beberapa varietas introduksi kedelai dari berbagai negara, sehingga terdapat ragam karakter kedelai yang dikembangkan di Indonesia. Disampaikan juga bahwa uji produksi ini dilakukan pada lahan sawah pada musim penghujan.

Keragaan varietas introduksi kedelai cukup bagus, sebanding dengan keragaan Anjasmoro, Devon 1 dan Dena 1. Dari sisi umur masak, Grobogan dan Dega 1 masih yang tergenjah. Varietas introduksi yang diuji terindikasi memiliki ukuran biji besar, daun berbentuk agak runcing dan pertumbuhan tanaman cenderung tegak. Hal ini berbeda dengan varietas kedelai asal Indonesia yang memiliki tipe daun agak bulat dan jumlah cabang relatif banyak. Dari sisi potensi hasil, diperkirakan akan sebanding dengan beberapa varietas kedelai asal Indonesia.

Keragaan kedelai introduksi.

Keragaan kedelai introduksi.

Pada musim berikutnya, akan dilakukan uji produksi pada beberapa elevasi dan akan diperbanyak varietas kedelai yang diuji, dengan menambah varietas introduksi dari beberapa negara yang memiliki agroekosisten mendekati Indonesia. Dengan pendekatan demikian diharapkan akan dihasilkan satu varietas kedelai untuk dikembangkan oleh petani Indonesia.

MMA