Berita » Upaya Pendaratan Inovasi Teknologi VUB Tanaman Pangan

Hari kedua raker Puslitbang Tanaman Pangan tanggal 8 Juli 2017, Dr. Andriko Noto Susanto selaku Kapuslitbang Tanaman Pangan menyampaikan paparan mengenai upaya “Mendaratkan Inovasi Teknologi VUB Tanaman Pangan”.  Dalam paparannya, Dr. Andriko menegaskan bahwa VUB merupakan titik berat utama dalam menyelesaikan masalah pangan. VUB harus tersebar luas sehingga meningkatkan provitas dan meningkatkan kesejahteraan petani. Puslitbangtan memiliki sayap-sayap yaitu BB Padi, Balitkabi, Balitsereal, dan Lolit Tungro yang harus bekerja sama mewujudkan tujuan bersama dengan modal utama kekompakan dan solid dalam hal organisasi, konsep dan pemikiran, tujuan, output, serta outcome.

rakerpuslit-2

Kita harus dapat mengimplementasikan Coorporate Management System/CMS, yang meliputi (1) Kompak dan berdikasi, (2) Solid, responsive, cepat, tepat, (3) Hierarki jelas, (4) Tindak lanjut arahan tegas, jelas, lurus, (5) tidak berpikir atomik dan parsial, serta (6) Mementingkan kepentingan organisasi/bukan pribadi. “Dengan menerapkan CMS maka tugas seberat apapun akan dapat terselesaikan dengan baik”, ujar Dr. Andriko.

Sekarang ini, tantangan pembangunan pertanian tanaman pangan yang kita hadapi diantaranya adalah agroekologi lahan rawa, lahan sawah, lahan kering, dan lahan suboptimal lainnya. Tantangan tersebut perlu dukungan inovasi teknologi agar dapat memberi manfaat yang tinggi bagi petani. Dukungan Balitbangtan untuk komoditas kedelai diantaranya adalah (1) Penyediaan VUB, (2) Penyediaan teknologi, (3) Penyediaan paket teknologi unggulan, (4) Penentuan harga benih dan harga konsumsi untuk kedelai. Khusus untuk komoditas kedelai, tantangan ke depan adalah pembentukan VUB dengan jumlah polong 200 polong/tanaman dan berbiji besar.

Dr. Andriko menyampaikan bahwa Dr. Amran Sulaiman selaku Menteri Pertanian mensyaratkan agar kita mampu bekerja keras dengan penuh semangat dan berjiwa nasionalis-patriotisme, menjunjung tinggi harga diri bangsa, disertai terobosan-terobosan strategis, agar mampu menghasilkan inovasi teknologi yang luar biasa. “Kita wajib berjuang dengan segenap jiwa raga dan penuh dedikasi, dinamis, melakukan inovasi tiada henti, cepat dan cerdas”, pungkas Dr. Andriko.

 

KN/MSYIB