Berita » Upaya Peningkatan Motivasi Kinerja SDM Kebun Percobaan Oleh PUI Balitkabi

Dalam rangka meningkatkan wawasan pengetahuan dan kualitas kinerja sumber daya manusia (SDM) Kebun Percobaan (KP), Tim PUI Balitkabi menyampaikan materi tentang “Balitkabi sebagai PUI, kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi, dan motivasi peningkatan kualitas kinerja”.

Sosialisasi diawali di Kebun Percobaan Ngale yang dipandu oleh Dr. M. Muchlish Adie, Sutrisno, S.P. dan Ayda Krisnawati, M.Sc. Sosialisasi berikutnya di KP Jambegede, Kendalpayak, Muneng, dilakukan oleh Ir. Nila Prasetiaswati, Bambang Sri Koentjoro, S.P. M.Kom. ,dan Sutrisno, S.P. Sedangkan di KP Genteng dipandu oleh Dr. M. Muchlish Adie dan Ayda Krisnawati, M.Sc.

1-11-16

Dalam acara sosialisasi dijelaskan bahwa PUI merupakan penghargaan dari Kemenristekdikti kepada lembaga penelitian yang memiliki hasil penelitian dan bermanfaat bagi masyarakat. Beberapa kriteria penilaian diantaranya adalah hasil penelitian dimanfaatkan masyarakat dan memberikan nilai ekonomi lebih tinggi sehingga menguntungkan petani.

Balitkabi telah menghasilkan varietas baru dengan produktivitas tinggi sehingga meningkatkan pendapatan petani. Selain itu, jumlah karya tulis ilmiah, perolehan ISO, kunjungan lembaga internasional, kerjasama nasional dan internasional juga menjadi kriteria dalam penilaian PUI.

Adapun peran kebun percobaan dalam perolehan PUI ini adalah kebun percobaan merupakan garda terdepan sebagai pelaksana kegiatan penelitian. Oleh karena itu, warga KP harus bangga dan berusaha menjaga predikat Balai dengan cara melaksanakan kegiatan penelitian dengan benar dan baik sesuai SOP yang telah ditetapkan.

Dalam kesempatan sosialisasi dipaparkan pula mengenai peran kemajuan teknologi dalam mendukung kegiatan penelitian. Upaya untuk memperoleh teknologi baru cukup sulit, diperlukan usaha keras dan maksimal. Oleh karena itu, warga kebun harus berusaha memberikan contoh dalam penerapan teknologi pertanian.

Peserta sosialisasi di setiap KP menyatakan bahwa mereka akan selalu berusaha memperbaiki kinerja dan memberikan yang terbaik sebagai wujud tanggungjawab bersama mempertahankan kredibilitas Balai.

Sutrisno