Berita » Varietas Kedelai Unggul Modern Balitbangtan Didaratkan di Pegunungan Bintang-Papua

Penyerahan benih kedelai dari Dr. M. Thamrin kepada Kadistan dan Perikanan Kab. Pegubin.

Penyerahan benih kedelai dari Dr. M. Thamrin kepada Kadistan dan Perikanan Kab. Pegubin.

Dipimpin langsung oleh Dr. M. Thamrin, MSi selaku Kepala BPTP Papua sekaligus Pembina Tim Perbatasan di Kab. Pegunungan Bintang (Pegubin), lima varietas unggul baru kedelai diserahkan kepada Kadistan dan Perikanan Kab. Pegubin Prov. Papua untuk diuji adaptasikan sesuai dengan permintaan Bupati Pegubin, agar komoditas kedelai dijadikan salah satu komoditas penggerak ekonomi dan peningkatan kesehatan masyarakat yakni kecukupan asupan protein melalui susu kedelai selain tahu dan tempe. Lima varietas unggul modern yang didaratkan adalah Dega 1, Devon, Detap 1, Dena 1, dan Dering 1, serta satu galur harapan Karat 13. Penyerahan benih kedelai dilaksanakan pada tanggal 12 Juli 2018 bersamaan dengan acara “Bimbingan teknis teknologi budi daya kedelai”.

Lima jenis kedelai terpilih adalah hasil koordinasi Dr. Siska Tirajoh (Pj. Kegiatan Perbatasan LPBE Prov. Papua) dengan Balitkabi. Diupayakan agroekosistem Pegubin dan tujuan pemenuhan asupan protein nabati bisa teratasi dengan pemilihan varietas kedelai yang berbiji besar, umur pendek, dan tahan pecah polong (Dega 1), mengandung isoflavon tinggi (Devon), tahan pecah polong (Detap 1), toleran naungan (Dena 1), toleran kondisi kering (Dering 1), serta tahan penyakit karat (galur Karat 13).

“Liaison Officer” (LO) perbatasan Kab. Pegubin, M. Nur SST, didampingi penyuluh senior Ir. Sri Rahayu diharapkan dapat mendampingi dan mengawal seluruh proses kaji adaptasi kelima varietas kedelai tersebut dengan dukungan teknologi budi daya spesifik lokasi unggul ramah lingkungan, ujungnya potensi keunggulan genetik muncul optimal.

Balitkabi siap mengawal. Luar biasa kemajuan perjuangan Dr. M. Thamrin di Tanah Papua yang telah menancapkan kedelai sebagai komoditas unggulan, tidak hanya di Pegubin tetapi juga di Kab. Keerom, Jayapura, Nabire, Sarmi, dan Merauke.

Foto bersama peserta Bimtek.

Foto bersama peserta Bimtek.

YB