Berita » Varietas Unggul Kedelai Hitam Disosialisasikan ke Petani Banyuwangi

Pengrajin kecap di beberapa kecamatan di Kabupaten Banyuwangi merespon positif varietas unggul kedelai hitam sebagai bahan baku kecap. Varietas unggul kedelai hitam Detam 1, Detam 2, Detam 3 Prida, Detam 4 Prida, GH 5 (calon varietas kedelai hitam umur genjah biji besar) diperagakan pada acara Gelar Teknologi Varietas Unggul Kedelai Hitam di KP Genteng Banyuwangi, 7 Oktober 2014. Selain itu ditanam pula varietas kedelai kuning Gema, Dering 1, Dena 1, Dena 3 dan galur-galur harapan: biji besar umur genjah, biji besar hasil tinggi, toleran genangan, toleran karat dan salinitas, serta toleran ulat grayak.
Gelar teknologi ini adalah bentuk desiminasi hasil penelitian yang dilakukan oleh Badan Litbang Pertanian dalam rangka mendekatkan teknologi yang telah dihasilkan kepada pengguna, demikian kutipan sambutan dari Kepala Balitkabi, Dr. Didik Harnowo. Kepala Balitkabi juga menyatakan bahwa kegiatan ini juga sekaligus untuk memperoleh umpan balik terhadap teknologi yang telah dihasilkan. Hadir pada kegiatan ini adalah Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan (diwakili oleh H. Sunaryo, SP), Kepala BPTP Jawa Timur (Dr. Tri Sudaryono), Puslitbang Tanaman Pangan (Dr. Nuning Argosubekti), peneliti Balitkabi, peneliti BPTP Jawa Timur, penyuluh, penangkar benih, dan pengrajin kecap dengan total peserta lebih dari 100 orang.
Kepala BPTP Jatim dalam sambutannya antara lain menyatakan kesediaannya untuk mendesiminasikan kedelai hitam dan teknologinya di Jawa Timur yang merupakan salah satu bagian tugasnya. H. Sunaryo, SP yang mewakili Kadinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan Banyuwangi mengucapkan terima kasih karena gelar teknologi ini dilaksanakan di Banyuwangi yang diyakini akan mendorong masyarakat/petani lebih bersemangat untuk menanam kedelai. Selain itu, Beliau menyatakan agar para penyuluh lebih giat dalam mempercepat transfer teknologi kepada petani sehingga Banyuwangi tetap eksis sebagai sentra produksi kedelai di Jawa Timur.


Sambutan Kepala Balitkabi, Kepala BPTP Jatim, Kepala Dinas Pertanian, Kehutanan dan Perkebunan BanyuwangiGelar teknologi juga menampilkan pemaparan materi mengenai varietas unggul kedelai hitam yang disampaikan oleh Dr. M. Muchlish Adie, varietas kedelai panen muda oleh Dr. Novita Nugrahaeni, dan pemanfaatan, produk olahan kedelai hitam yang disampaikan oleh Ir. Erliana Ginting, M.Sc. Acara dilanjutkan dengan diskusi dan ditutup dengan doa bersama dan ramah tamah.


Pemaparan materi oleh nara sumber

DH/EY