Berita ยป Vima 5 Cocok Dibudidayakan di Pakisaji, Malang

Vima 5 siap panen Wonokerso, Pakisaji

Vima 5 siap panen Wonokerso, Pakisaji

Palawija berumur pendek, harga stabil, mempunyai beragam kegunaan yang akhir-akhir ini cukup menyita perhatian publik, adalah kacang hijau. Komoditas ekspor yang banyak diminta beberapa negara di Asia, masih menjadi pilihan petani. Sentra kacang hijau seperti Pati dan Demak juga Madura dilaporkan tetap membudidayakan kacang hijau. Tidak kalah menarik adalah pertanaman kacang hijau yang dibudidayakan oleh Cipto Prahoro S.P., seorang purna tugas Litkayasa dari Balitkabi.

Berada di lahan sawah dengan pengairan yang memadai, Pak Cipto menanam kacang hijau dengan setelah panen padi dua bulan yang lalu. Pilihan jatuh pada varietas Vima 5, yang merupakan varietas unggul baru yang dirilis pada tahun 2018. Kesamaan dengan Vima1, Vima 3 dengan Vima 5 adalah kulit biji yang berwarna kusam. Beberapa daerah menyukai kacang hijau dengan warna kulit biji kusam. Perbedaan yang paling kelihatan dengan generasi Vima sebelumnya adalah warna kulit polong, dimana Vima 5 mempunyai kulit polong saat masak berwarna coklat.

Menurut Pak Cipto, petani di sekitar lokasi penanaman banyak yang tertarik ingin bertanam kacang hijau, mengetahui kacang hijau merupakan tanaman berumur pendek (60 hari) dengan harga jual relatif tinggi sekitar bisa mencapai Rp 17.000/kg. Tanpa penambahan pupuk karena ditanam di lahan bekas padi, dan hampir tidak ada hama maupun penyakit yang menyerang tanaman semakin menambah ketertarikan petani sekitar. Apalagi mereka melihat keragaan tanaman kacang hijau milik Bapak Cipto yang tumbuh bagus mulai awal tanam hingga menjelang panen seperti saat ini.

Dari hasil pengamatan menjelang panen didapatkan informasi tinggi tanaman rata-rata 69 cm, dengan jumlah polong 19 pertanaman serta rata-rata jumlah biji per polong sekitar 12. Diprediksi hasil kacang hijau dari Wonokerso ini mencapai sekitar dua t/ha. Semoga ke depan banyak petani berminat menanam kacang hijau, tanaman palawija berumur pendek, bernilai ekonomis dan bergizi tinggi.

cip2
cip3 cip4
Keragaan Vima 5 saat menjelang panen di Wonokerso,Pakisaji

RDP