Berita » VUB Kedelai Balitbangtan Hasilkan lebih dari 3 t/ha

Pemerintah Republik Indonesia melalui Kementerian Pertanian terus berupaya meningkatkan produksi kedelai nasional menuju swasembada kedelai tahun 2017. Upaya tersebut antara lain dilakukan melalui Gelar Teknologi budidaya kedelai dalam bentuk demo farm (demfarm) berskala luas.

Denfarm varietas unggul baru (VUB) kedelai Badan Penelitian dan Pengembangan Pertanian (Balitbangtan) seluas 100 ha pada hamparan pertanaman kedelai petani seluas 500 ha telah dilakukan di Desa Tapanrejo, Kecamatan Muncar, Kabupaten Banyuwangi – Jawa Timur pada MK 2 (Agustus hingga November 2015).

Panen raya kedelai dan temu lapang mengakhiri kegiatan denfarm tersebut, Sabtu (7/11/2015) di lokasi denfarm. Sepuluh VUB kedelai di lokasi ini mampu menghasilkan rata-rata 3,0 t/ha biji. Varietas antara lain Burangrang, Dena 1, Anjasmoro, Grobogan, Devon-1, Argomulyo, dan lainnya.

Bahkan, varietas Dena 1 mampu menghasilkan 3,55 t/ha biji. Acara panen raya ini dihadiri antara lain Kepala Balitbangtan diwakili Kepala Pusat Penelitian dan Pengembangan Tanaman Pangan (Puslitbangtan) Dr. Made Jana Mejaya, Direktur Jenderal Tanaman Pangan diwakili Direktur Budidaya Aneka Kacang dan Umbi (Buakabi) Dr. Maman Suherman, pejabat Pemerintah Daerah Banyuwangi, Dinas Pertanian Provinsi Jawa Timur, Kepala Dinas Pertanian Banyuwangi, Dandim 825, serta sekitar 500 orang petani.

Dalam sambutannya, Direktur Buakabi mengharapkan sukses ini harus dapat diulang atau direplikasi di tempat-tempat lain di berbagai agroekosistem, baik pada lahan-lahan yang yang pernah ditanami kedelai maupun pada lahan-lahan baru dalam rangka perluasan areal tanam (PAT).

8-11-15

Kepala Puslitbangtan, pada kesempatan yang sama juga menegaskan bahwa dengan terpenuhinya sarana produksi secara optimal dan pendampingan petani secara intensif, produktivitas kedelai di lahan petani dapat mencapai lebih dari 3 t/ha.