Berita » Workshop Aplikasi e-Formasi untuk Penyusunan Formasi Pegawai 2015

Badan Litbang Pertanian pada tanggal 24–25 Maret 2015 menyelenggarakan Workshop Penyusunan Formasi Pegawai 2015 Tingkat Badan Litbang dengan Aplikasi e-Formasi bertempat di Badan Litbang Pertanian. Peserta workshop adalah perwakilan dari seluruh UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian.

Staf Balitkabi yang hadir adalah Kabag Tata Usaha yaitu Bapak Wisnu Unjoyo, SP dan KaSubbag Kepegawaian Bapak Drs. Subarkah Tujuan dari workshop adalah mendefinitifkan kebutuhan Aparatur Sipil Negara (ASN) yang diajukan melalui aplikasi e-formasi yang di dalamnya memuat informasi tentang struktur organisasi, peta jabatan, jumlah pegawai yang ada, jumlah pegawai yang dibutuhkan dan jumlah kekurangan/kelebihan pegawai.

31-3-15

Dalam aplikasi e-formasi harus jelas mencantumkan jumlah PNS yang akan pensiun selama 5 tahun dan Analisis Beban Kerja (ABK). Selain itu, disertakan pula jabatan struktural, jabatan fungsional, dan persyaratan jabatan. Pada tahun 2015, data yang dibutuhkan dalam pengisian aplikasi e-Formasi antara lain jabatan struktural, jabatan fungsional tertentu, jabatan fungsional umum, Analisis Beban Kerja (ABK), jumlah PNS yang akan pensiun dari tahun 2015 s.d. 2019, dan syarat jabatan.

Mekanisme Penyusunan Kebutuhan Pegawai Hal-hal yang perlu diperhatikan dalam pengisian e-Formasi adalah :

  1. Data e-Formasi merupakan tanggung jawab Kepala Bagian/Kepala Subbag yang menangani kepegawaian pada UK/UPT, dan akan dibuat berita acara tentang kebenaran data yang di entry ke dalam aplikasi e-Formasi
  2. Setiap UK melakukan konsolidasi data dengan UPT masing-masing
  3. Dalam pengisian aplikasi diperlukan ketelitian
  4. Hindari kesalahan pengisian yang berakibat pada hilangnya data pegawai, password hanya ada 1 untuk Balitbangtan
  5. Jabatan mengacu pada jabatan di Kemenpan & RB
  6. Usulan formasi diutamakan untuk mengganti yang pensiun dan kebutuhan yang mendesak
  7. Usulan kebutuhan ini dapat digunakan data usulan tahun lalu dan CPNS yang akan diterima diterima tahun ini sebagai pertimbangan.

Wisnu Unjoyo/Subarkah