Berita ยป Workshop Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Online Lingkup Balitbangtan

Pembukaan workshop oleh Koordinator Biro Perencanaan, Sekretariat Balitbangtan

Pembukaan workshop oleh Koordinator Biro Perencanaan, Sekretariat Balitbangtan

Dalam rangka evaluasi aplikasi monev tahun 2020 dan updating aplikasi monev tahun 2021 lingkup Balitbangtan, Badan Litbang Pertanian menyelenggarakan Workshop Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Online Lingkup Balitbangtan selama 3 hari pada tanggal 29 Maret hingga 1 April 2021 bertempat di IPB International Convention Center, Bogor. Workshop yang diselenggarakan secara daring dan luring tersebut diikuti oleh Koordinator, Sub Koordinator Program dan Evaluasi serta pelaksana/operator aplikasi monev dari Satker/UPT lingkup Balitbangtan. Balitkabi mengikuti workshop secara online diwakili oleh Sub Koordinator Substansi Yantek, Dr. Rudi Iswanto, S.P., M.P. serta Tim Monev yaitu Dr. Febria Cahya Indriani, S.P., M.P., Wiwit Rahajeng, S.P., Herdina Pratiwi, S.P., M.P., Zarni Hortila, SAB., dan Budi Waluyo.

Workshop dibuka oleh Koordinator Perencanaan, Sekretariat Balitbangtan, Arif Surahman, S.Pi., M.Sc., Ph.D. Dikemukakan bahwa aplikasi monev online selalu mengalami perkembangan atau penambahan fitur-fitur baru yang diselaraskan dengan perkembangan kebijakan. Sampai saat ini terdapat 4 aplikasi monev yang digunakan, yaitu aplikasi i-monev dari Balitbangtan yang dilaporkan secara mingguan, aplikasi SMART dari Kemenkeu yang dilaporkan secara bulanan, aplikasi e-monev dari Bappenas yang dilaporkan secara bulanan dan triwulan, dan aplikasi e-SAKIP dari Kemenpan RB yang dilaporkan triwulan.

Workshop dimulai dengan workshop i-monev Balitbangtan versi 2.0, yaitu aplikasi untuk pelaporan monev di dalam intra Balitbangtan. Pada versi yang terbaru terdapat penambahan fitur baru Realisasi Kuitansi Harian, tujuannya adalah untuk menyajikan data realisasi harian secara realtime kepada pimpinan. Di hari kedua, peserta mendapatkan materi tentang Evaluasi Hasil Implementasi SMART pada Satker Balitbangtan TA 2020, dan Sosialisasi Implementasi SMART TA 2021 dengan narasumber dari Direktorat Jenderal Anggaran (DJA) Kementerian Keuangan dilanjutkan dengan workshop pengisian aplikasi SMART DJA. Materi hari ketiga adalah Evaluasi Implementasi e-monev Bappenas pada Satker Balitbangtan TA 2020 dan sosialisasi Implementasi e-monev Bappenas TA 2021 dengan narasumber dari Bappenas dilanjutkan dengan workshop pengisian aplikasi e-Monev Bappenas TA 2021.

Pada hari terakhir, workshop diisi materi evaluasi Implementasi e-SAKIP pada Satker Balitbangtan TA 2020 dan sosialisasi Implementasi e-SAKIP TA 2021 dengan narasumber dari Tim IT Biro Perencanaan Badan Litbang Pertanian. Mulai tahun 2021 terdapat integrasi antara aplikasi e-SAKIP dan e-monev Bappenas, dan diharapkan kedepannya juga ada integrasi antara aplikasi-aplikasi monev lainnya. Hasil evaluasi menunjukkan bahwa perlu dilakukan pengembangan di aplikasi monev untuk bisa mendetailkan pengukuran IKU atau proses pencapaian kinerja.

Koordinator Bidang Perencanaan Badan Litbang Pertanian, pada acara penutupan menekankan beberapa hal diantaranya: perhatian dari pimpinan harus terus dibangun di tahun-tahun berikutnya di level pengelola, peningkatan koordinasi antara bagian program/perencanaan dan evaluasi di tingkat UPT termasuk koordinasi di tingkat Puslit dan Balai Besar, sehingga ada persamaan persepsi dan sinkronisasi yang memudahkan dalam penyusunan Laporan Kinerja. Terkait aplikasi online, diharapkan bisa konsisten melakukan update, sehingga pimpinan bisa melihat sejauh mana perkembangan pencapaian IKU masing- masing satker secara real time.

workshop1 workshop2
wordkshop3 workshop4
Pelaksanaan Workshop Aplikasi Monitoring dan Evaluasi Online Lingkup Balitbangtan

HP/FCI/WR