Berita » Workshop Aplikasi Pelepasan Varietas Tanaman Online

Para pembicara dalam workshop.

Para pembicara dalam workshop.

Dalam rangka meningkatkan pelayanan publik, Pusat Perlindungan Varietas Tanaman dan Perizinan Pertanian (PVTPP) telah membangun Sistem Aplikasi Pelepasan Varietas Tanaman secara online. Sebagai langkah awal perlu untuk mensosialisasikan kepada para pengguna yaitu para instansi penyelenggara pemuliaan baik pemerintah maupun swasta. Kegiatan “Workshop Aplikasi Pelepasan Varietas Tanaman Online” berlangsung tanggal 22 Oktober 2018 di Bogor, diikuti oleh sekitar 50 orang peserta yang berasal dari Institusi pemerintah maupun swasta. Dua orang peneliti Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi mengikuti workshop tersebut yaitu Apri Sulistyo, S.P., M.Si. (Pemulia kedelai) dan Dr. Febria Cahya Indriani (Pemulia ubijalar).

Narasumber dan materi yang disampaikan antara lain: 91) Prosedur operasional standar penilaian varietas dalam rangka pelepasan varietas tanaman pangan oleh Ir. Sigit Setiawan, M.M (Direktorat Perbenihan Tanaman Pangan), (2) Prosedur operasional standar penilaian varietas dalam rangka pelepasan varietas tanaman perkebunan oleh Dr. Rasidin Azwar (Direktorat Perbenihan Perkebunan), (3) Prosedur operasional standar penilaian varietas dalam rangka pelepasan varietas tanaman hijauan pakan ternak oleh Ir. Nugroho Teguh Supriyanto (Direktorat Pakan Ternak, Direktorat Pakan, Dirjen Peternakan dan Kesehatan Hewan). Selain itu sosialisasi Prosedur permohonan pelepasan varietas tanaman secara online oleh Sdr. Riski selaku Programer. Sebagai moderator acara workshop adalah Ir. Ewin Suib, M.M., ketua bidang Pendaftaran Varietas Tanaman.

Kepala Pusat PVTPP Prof. (R) Dr. Ir. Erizal Jamal, M.Si menyampaikan bahwa dengan sistem online ini diharapkan lebih efisien waktu dan lebih memudahkan dilaksanakan oleh pengguna. Namun demikian untuk penerapan yang maksimal masih perlu disempurnakan lagi dan sinergi antara institusi yang terkait yaitu Direktorat Perbenihan dan PPVTP lebih ditingkatkan. PPVTP akan mendampingi dalam pelaksanaannya hingga sistem prosedur permohonan pelepasan varietas tanaman secara online ini dirilis.

Suasana workshop (kiri) dan foto bersama peserta workshop (kanan).

Suasana workshop (kiri) dan foto bersama peserta workshop (kanan).

FCI/ApS