Berita » Workshop Aplikasi Program Statistika

Tahun 2016, PUI Akabi memiliki beberapa program peningkatan kompetensi dan salah satunya adalah “Workshop Aplikasi Program Statistika untuk Penelitian Pertanian”. Workshop dilaksanakan di Aula Balitkabi tanggal 15–16 Juni 2016, diikuti oleh 32 peneliti.

Narasumber workshop adalah Dr. Amin Nur, peneliti dari Balai Penelitian Tanaman Serealia (Balitsereal), Maros. Workshop dibuka secara resmi oleh Plh. Kepala Balitkabi, Ir. Wisnu Unjoyo. Disampaikan bahwa peningkatan kompetensi staf memiliki linearitas tinggi dengan pencapaian output institusi.

Apalagi saat ini basis informasi teknologi berkembang dan bergerak cepat, termasuk teknologi aplikasi dalam program statistika. Diharapkan hasil yang diperoleh dari workshop memberikan dayaguna terhadap percepatan perolehan output balai.

16-6-16

Workshop Aplikasi program statistika. Dr. Amin Nur, menyampaikan bahwa manajemen data adalah penting dan sering diabaikan oleh peneliti. Materi workshop terdiri dari: (1) Layout dan rancangan penelitian, (2) Manajemen data Penelitian (fieldbook), (3) Analisis Anova Rancangan Penelitian, (4) Analisis Stabilitas AMMI dan Finlay Wilkinson dengan Software Cropstat 7.2.3 dan PBSTAT-1.0, (5) Uji lanjut dan interaksi antara perlakuan dengan LSD, Duncan dan Dunnet, dan (6) Analisis regresi dan korelasi dengan Software Minitab portable 16. Dengan workshop, peserta memiliki banyak pilihan untuk mengoptimalkan aplikasi beberapa program statistika untuk kepentingan analisis penelitian. Diharapkan workshop dapat dikembangkan pada beberapa program statistika lainnya.

MMA/AK