Berita » Workshop Pengelolaan Open Journal System Lingkup Badan Litbang Pertanian

alfi_1a

Redaksi Pelaksana Buletin Palawija Balitkabi, Alfi Inayati, MP., beserta 33 orang Redaksi Pelaksana Majalah Ilmiah UK/UPT Lingkup Badan Litbang Pertanian mengikuti workshop Pengelolaan Open Jurnal System (OJS) yang diselenggarakan oleh Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) di Cisarua, Bogor,29 April–1 Mei 2013. Workshop bertema “Peningkatan Aksesibilitas Majalah Ilmiah Badan Litbang Pertanian melalui Pengelolaan Jurnal Berbasis Online”. Tujuan penyelenggaraan workshop seperti yang disampaikan oleh Kepala Pusat Pustaka, Ir. Gayatri K. Rana, M.Sc, pada acara pembukaan adalah meningkatkan kompetensi Redaksi Pelaksana Majalah Ilmiah dalam keredaksian secara online menggunakan Open Journal System (OJS) dan mendorong pengelolaan publikasi yang lebih akuntabel dan transparan mulai dari proses penerbitan maupun kualitas terbitan. Lebih lanjut disampaikan, workshop ini menjadi sangat penting karena pada tahun 2014 LIPI mensyaratkan semua publikasi ilmiah yang terakreditasi di samping tercetakharus mempunyai versi jurnal elektronik (e-journal).

Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Kasdi Subagyono, MSc., memberi arahan pada pembukaan workshop

Hingga saat ini Badan Litbang Pertanian memiliki 27 jurnal dan 24 di antaranya telah terakreditasi. Hal senada diungkapkan Sekretaris Badan Litbang Pertanian, Dr. Kasdi Subagyono, MSc., bahwa Badan Litbang Pertanian yang mempunyai lebih dari 3000 peneliti, penyuluh, dan perekayasa dengan tagline-nya “science, innovation, networks” harus mampu menjadi scientific base activity dan membangun scientific base recognition melalui publikasi ilmiah yang bermutu, tersitasi dan mampu menjadi sumber referensi ilmiah yang terpercaya. Hal ini akan dapat tercapai apabila publikasi ilmiah tersebut dapat diakses dengan mudah tidak hanya secara teknis melalui jaringan yang online, namun juga mudah ditemukan karena keunikan dan pentingnya informasi yang diberikan.


Dr. Iman Rusmana, Chief Editor Hayati sedang membagi pengalaman dengan peserta workshop tentang pengelolaan e-journal

Kegiatan workshop dibagi menjadi pemberian materi tentang Pemanfaatan Teknologi Informasi dalam Pengembangan Profesionalitas Peneliti yang disampaikan oleh Prof. Ismeth Inounu dari Puslitbangnak, Pengenalan Open Jurnal System (OJS) oleh Ir. M. Takdir Mulyadi, MM dan Ifan Muttaqien, SP., MIT, dan Pengalaman implementasi e-Journal Hayati, IPB Menggunakan OJS olehChief Editor Hayati Dr. Iman Rusmana. Selain itu selama tiga hari para peserta juga langsung melakukan praktek pengelolaan e-journal baik sebagaijournal manager, editor, section editor, reviewer, dan author.

Banyak hal menarik dan menginspirasi yang disampaikan oleh para pemateri. Prof. Ismeth yang memprakarsai online-nya Jurnal JITV memaparkan dengan onlinenya JITV manfaat besar juga akan dirasakan peneliti antara lain penyebaran publikasi dari para peneliti menjadi tidak terbatas dan peluang tersitasi menjadi lebih besar. Hal ini akan meningkatkan hak indeks peneliti (CEK) dan meningkatkan impact factor dari peneliti yang bersangkutan dan akan lebih mudah teridentifikasi secara internasional. Prof. Ismeth juga menghimbau sebaiknya hasil penelitian kita yang unik dipublikasi di jurnal nasional yang sudahonline sehingga mudah disitasi sitasi oleh peneliti dari kalangan internasional, akan meningkatkanimpact factor dari jurnal nasional, tidak malah sebaliknya karena dengan mengirim hasil penelitian yang unik dan berkualitas tinggi ke jurnal internasional akan membantu meningkatkanimpact factor jurnal luar negeri. Pengalaman Dr. Iman mengelolae-journal Hayati menyebabkan meningkatnya indeks sitasi journal Hayati tidak hanya di Indonesia namun juga internasional (AS, Canada, Eropa, Asia, Australia, dan Afrika).

Para peserta workshop yang merupakan pengelola jurnal ilmiah di UK/UPT lingkup Badan Litbang Pertanian

Pada akhir workshop disepakati untuk mengimplementasikan OJS pada semua jurnal yang ada di bawah lingkup Badan Litbang Pertanian dan akan dibentuk satu wadah yang akan menampung semua jurnal Litbang dengan satu alamat yang terdaftar di DOAJ. Pustaka juga akan mengevaluasi implementasi OJS yang dilakukan UK/UPT dan selanjutnya akan melakukan pembinaan bagi Dewan Redaksi dan Penulis apabila diperlukan. Para peserta workshop juga diharapkan dapat membagi pengetahuan yang dimiliki pada UK/UPT masing-masing.

Alfi/AW