Berita » Workshop Penulisan Buku Ilmiah Populer

buku

Agar inovasi teknologi Balitbangtan dapat tersebar luas lebih cepat di masyarakat, maka pada beberapa pertemuan Kepala Balitbangtan sering menekankan pentingnya buku-buku populer. Oleh karena itu, maka para peneliti, pengkaji, perekayasa, maupun staf yang terlibat dalam kegiatan diseminasi perlu dibekali kemampuan dan keterampilan mengemas informasi hasil penelitian menjadi tulisan populer. Menulis buku populer memerlukan seni dan keterampilan khusus dibandingkan dengan menulis karya ilmiah. Di samping sederhana, tulisan populer harus lebih teknis, dan rinci, tanpa kehilangan informasi penting yang akan disampaikan, sehingga tulisan dapat dipahami oleh masyarakat umum. Berkaitan dengan hal tersebut maka Pusat Perpustakaan dan Penyebaran Teknologi Pertanian (Pustaka) menyelenggarakan “Workshop Penulisan Buku Ilmiah Populer” dengan tujuan meningkatkan kemampuan peneliti/perekayasa/penyuluh/pus­takawan/petugas terkait kegiatan diseminasi dalam penulisan buku populer dan menyediakan draft awal buku ilmiah populer untuk selanjutnya dapat disempurnakan menjadi buku yang layak diterbitkan. Workshop diselenggarakan di Balai Penelitian Tanaman Jeruk dan Buah Subtropika (Balitjestro) Kota Batu, 3‒4 Juni 2015. Workshop diikuti 40 peserta dari Balai Penelitian, Lolit, dan BPTP yang berada di Malang Raya dan Pasuruan (Balitkabi, Balitjestro, Balittas, Lolit Sapo Pasuruan, dan BPTP Jatim). Workshop dibuka oleh Kepala Balitjestro, Dr. Joko Susilo Utomo, dilanjutkan sambutan dari Dr. Mohammad Takdir Mulyadi sebagai ketua panitia penyelenggara. Dr. Mulyadi menekankan bahwa buku ilmiah populer sangat penting artinya untuk diseminasi hasil penelitian, karena buku ilmiah populer lebih mudah dibaca dan dipahami oleh pembaca dari khalayak umum. Enam orang peserta dari Balitkabi (Didik Sucahyono, S.P. M.P., Apri Sulistyo, S.P. M.Si, Alfi Inayati, S.P. M.P., Afandi Kristiono, S.Si., Wiwit Rahajeng, S.P., dan Yuhrotus Faridah Thursana, S.P.) berpartisipasi dalam workshop ini.


Bertindak sebagai narasumber Penulisan Buku Ilmiah Populer adalah Bambang Trimansyah, yang merupakan penulis buku dan artikel di media massa dan juga pakar di bidang penerbitan. Pak Bambang juga dosen di beberapa perguruan tinggi dan Ketua Kompartemen Diklat, Litbang, dan Informasi PP IKAPI. Materi workshop dibagi ke dalam lima sesi, sebagai berikut.

  1. Prewriting yang membahas tentang (1) Pengantar Dunia Penulisan Buku dan (2) Stimulus Ide dan Sumber Penulisan
  2. Drafting; mengulas Anatomi Buku Nonfiksi dan Mengenal Ragam Outline
  3. Drafting Lanjutan untuk memperdalam Praktik Menyusun Outline dan Praktik Menulis Satu Bab;
  4. Revising dan Self-Editing; membedah Presentasi Naskah, Meninjau Kelemahan dan Kelebihan Naskah, serta Editing Bahasa dan Penyajian, dan yang terakhir
  5. Publishing memperkenalkan Ragam Penerbitan dan Hak Cipta.

WR/AW