Berita ┬╗ Wujud Nyata Kepedulian Balitkabi Kepada Garda Penanggulangan COVID-19

Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi dalam acara penyerahan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada Kecamatan Pagak, Puskesmas Pakisaji dan Tajinan di Balitkabi, 17 April 2020

Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi dalam acara penyerahan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada Kecamatan Pagak, Puskesmas Pakisaji dan Tajinan di Balitkabi, 17 April 2020

Corona Virus Disease 2019 (COVID-19) masih terus merebak ke seluruh pelosok Tanah Air. Garda terdepan pencegahan COVID-19 adalah masyarakat umum itu sendiri. Peran aktif masyarakat sangat penting untuk patuh terhadap himbauan pemerintah seperti melakukan social distancing, kebijakan belajar, bekerja dan beribadah di rumah saja, disamping menjaga kesehatan diri, keluarga serta lingkungan.

Dalam upaya mendukung peran aktif masyarakat mencegah penyebaran COVID-19, Balitkabi kembali melakukan penyaluran bantuan berupa hand sanitizer maupun disinfektan kepada instansi dan masyarakat sekitar Balitkabi. Hal ini sesuai dengan arahan Menteri Pertanian Dr. Syahrul Yasin Limpo agar UPT Balitbangtan dapat menyediakan dan membuat hand sanitizer serta disinfektan untuk dibagikan kepada pegawai, serta utamanya kepada masyarakat sekitar kantor.

Unsur TNI, Polri, unsur pemerintah daerah maupun tenaga medis adalah lapis garda berikutnya penjaga masyarakat menghadapi perang melawan COVID-19. Untuk itu, Balitkabi membagikan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada tiga unsur tersebut sebagai dukungan nyata terhadap peran mulia mereka. Pada tanggal 9 April 2020, Balitkabi menyalurkan bantuan 50 botol hand sanitizer dan 10 liter biang yang bisa diencerkan menjadi 100 liter larutan disinfektan ke Koramil Pakisaji, yang diterima secara langsung oleh Danramil Pakisaji, Kapten Czi Widagdo. Penyaluran berikutnya dengan jumlah yang sama ke Polsek Pakisaji, dan diterima secara langsung oleh Kapolsek Pakisaji, AKP P Triwik W, S.H., M.H.

Balitkabi menyerahkan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada Koramil Pakisaji

Balitkabi menyerahkan bantuan hand sanitizer dan disinfektan kepada Koramil Pakisaji

Penyerahan bantuan ke Polsek Pakisaji

Penyerahan bantuan ke Polsek Pakisaji

Selanjutnya, Balitkabi kembali melakukan kegiatan penyaluran hand sanitizer dan disinfektan yang ketiga pada hari Jumat, 17 April 2020 kepada Kecamatan Pagak sebagai pemerintah daerah yang merupakan lapisan penjaga paling dekat dengan masyarakat dan Puskesmas sebagai garda terakhir perang terhadap COVID-19 di daerah. Dipimpin langsung oleh Kepala Balitkabi Dr. Ir. Yuliantoro Baliadi, MS, dengan didampingi oleh jajaran eselon 4 antara lain Kasubbag TU dan Kasi Jaslit, telah menyerahkan etanol, disinfektan maupun hand sanitizer. Acara berlangsung sederhana, singkat dan cepat sesuai dengan Protap yang telah ditentukan selama pandemi COVID-19.

Bantuan diserahkan langsung kepada Puskesmas Pakisaji sebanyak 50 liter etanol 96%, larutan induk (biang) disinfektan 5 liter yang dapat diencerkan menjadi 100 liter, dan hand sanitizer sebanyak 5 liter. Disinfektan setelah diencerkan dapat digunakan untuk penyemprotan sedangkan hand sanitizer yang diberikan sudah dalam bentuk siap pakai. Bantuan dalam jumlah yang sama diberikan juga kepada Puskesmas Tajinan. Sedangkan bantuan kepada Kecamatan Pagak diberikan sejumlah 25 liter disinfektan yang dapat diencerkan menjadi 400 liter untuk disemprotkan, serta 5 liter hand sanitizer.

Kepala Balitkabi Dr. Yuliantoro Baliadi menyatakan jika sumbangan ini merupakan salah satu bentuk keseriusan Balitkabi terhadap penanganan wabah serta satu bentuk rasa peduli di tengah kondisi pandemik.Terakhir disampaikan apresiasi dan rasa terima kasih kepada karyawan Balitkabi atas partisipasinya dalam menyiapkan hand sanitizer maupun disinfektan.

sigap4 sigap5
 Suasana penyerahan bantuan hand sanitizer dan disinfektan dari Balitkabi kepada Kecamatan Pagak, Puskesmas Pakisaji dan Tajinan pada 17 April 2020

ELY