Info Teknologi » Callosobruchus maculatus, Hama Gudang Kacang Hijau

Hama gudang Callosobruchus maculatus (Coleoptera : Bruchidae) merupakan salah satu hama gudang yang sangat penting. Dilaporkan bahwa penyebaran hama ini paling banyak di daerah beriklim tropis dan subtropis.

Hama ini banyak menyerang benih kopi dan benih famili Fabaceae dalam penyimpanan. Salah satu komoditas yang sering diserang C. maculatus adalah kacang hijau. Hama gudang C. maculatus merupakan serangga yang mempunyai sifat holometabolic, dimana terdiri dari stadia telur, larva dan imago.

Imago betina meletakkan satu telur pada bagian kulit luar kacang hijau. Satu telur C. maculatus berukuran ±0,75 mm, berbentuk oval atau gelondong, terang, berkilau, dan menempel kuat pada kulit biji kacang hijau.

Selanjutnya, telur menetas menjadi larva dan larva menggali lapisan endosperma biji kacang hijau, sehingga terbentuk lubang. Larva melubangi dan memakan lapisan endosperma serta embrio biji kacang hijau atau hanya melubangi biji kacang hijau untuk menyelesaikan fase pupa.

Fase pupa merupakan fase sempurnanya metamorfosis untuk menjadi imago. Imago membutuhkan waktu 24 sampai 36 jam untuk menyempurnakan fasenya. Jantan menemui betina untuk mengiseminasi, dan sel telur disimpan oleh imago betina.

Imago jantan dan betina membutuhkan makanan dan minuman selama menyelesaikan siklus hidupnya, yaitu selama 10−14 hari. Cara pengendalian hama C. maculatus dapat dilakukan menggunakan pestisida nabati, pengendalian biologi, dan dengan fumigasi.

Stadia telur, larva, dan imago C. maculatus (Sumber : http://www.bio.fsu.edu//)

Stadia telur, larva, dan imago C. maculatus
(Sumber : http://www.bio.fsu.edu//)

(Sumber : http://www.bio.fsu.edu//) Hasil penelitian menunjukkan bahwa biji kacang hijau yang disimpan dalam wadah plastik dan diletakkan pada suhu ruang, populasi hama gudang paling tinggi dibandingkan dengan benih yang disimpan dalam cold storage atau ruang dingin. Di tingkat petani yang belum tersedia ruang dingin, benih kacang hijau dapat disimpan dalam karung yang telah dilapisi karung plastik atau inner.

Kurnia Paramita Sari