Laporan Tahunan » 2017

cover-laporan-tahun-2017_2Tahun 2017, merupakan tahun ketiga program percepatan produksi kedelai nasional. Program percepatan peningkatan produksi kedelai yang dicanangkan oleh pemerintah seperti Kawasan Mandiri Benih, Upsus Kedelai dan sebagainya memerlukan penguatan produksi benih sumber. Pada tahun 2017 ini, kami dituntut kerja keras demi terwujudnya swasembada pangan terutama kedelai yang menjadi tupoksi Balitkabi.

Menyongsong tahun 2018 sebagai tahun perbenihan, berbagai kegiatan dalam rangka penyediaan benih guna mendukung percepatan swasembada kedelai telah berhasil dilaksanakan. Balitkabi telah berhasil menggelar dua kegiatan besar dalam rangka mendaratkan teknologi budi daya dan penyediaan benih kedelai yaitu teknologi Biodetas di Sulawesi Selatan dan Kepas di Jambi, seluas 50 hektar di masing-masing lokasi. Beberapa kegiatan diseminasi perbenihan juga dilaksanakan di beberapa daerah yaitu di Banyuwangi, Jember, dan Indramayu.

Kegiatan penelitian berbasis tanaman aneka kacang dan umbi selama tahun 2017 telah menghasilkan berbagai output. Berbagai terobosan baru senantiasa dikembangkan oleh Balitkabi guna mendukung program yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian termasuk varietas unggul baru, teknologi budi daya, pengendalian organisme pengganggu tanaman, pascapanen, dan analisis kelayakan usahatani. Kegiatan diseminasi juga memiliki peran sangat penting dalam menyebarluaskan berbagai teknologi baru yang dihasilkan Balitkabi. Penderasan penyampaian informasi hasil penelitian dan berbagai kegiatan yang dilakukan oleh Balitkabi juga dilakukan melalui media sosial dan website.