Laporan Tahunan ยป 2019

laptah-2019Pada tahun 2019, target dari kegiatan penelitian Balitkabi telah berhasil direalisasikan dalam bentuk IKU Balitkabi 2019 sebagai berikut: (1) Dari target 2.480 aksesi aneka kacang dan umbi yang terejuvinasi, terkarakterisasi, dan terevaluasi pada SDG tercapai 2.665 aksesi (realisasi 129%); (2) Dari target pelepasan 3 VUB aneka kacang dan umbi, tercapai 9 VUB yaitu 6 VUB kedelai, 2 kacang hijau dan 1 ubikayu (realisasi 900 %); (3) Dari target 3 paket teknologi, 4 paket teknologi budi daya aneka kacang dan umbi dapat dihasilkan (realisasi 133 %); (4) Dari target 112 ton benih sumber kedelai, kacang tanah, dan kacang hijau tercapai 112,25 ton, serta 55.375 stek ubikayu, dan ubijalar; serta (5) Dari 30 KTI tercapai 38 publikasi KTI (realisasi 126%).

Selama ini, upaya untuk mendukung program-program yang telah dicanangkan oleh Kementerian Pertanian berkesinambungan dilakukan oleh Balitkabi diantaranya melalui penyediaan varietas unggul baru dan teknologi budi daya serta pengendalian organisme pengganggu tanaman, termasuk kegiatan pascapanen serta analisis sosial ekonomi dan kelayakan usahatani. Peran kegiatan diseminasi dalam menyebarluaskan inovasi teknologi baru Balitkabi dan mempromosikan Balitkabi sebagai lembaga penelitian yang terpercaya juga tidak kalah pentingnya. Pemanfaatan berbagai sarana publikasi, baik cetak maupun elektronik terutama website, jurnal elektronik dan media sosial lainnya juga berbagai event pameran, pelatihan dan gelar teknologi merupakan sarana penyampaian hasil-hasil penelitian Balitkabi yang efektif dan komunikatif kepada penggunanya.

Di tahun 2019 pula, pada gelaran besar Hari Pangan Sedunia (HPS) ke-39 di Kendari, Sulawesi Tenggara, Balitkabi telah mampu menjawab tantangan baru yaitu berupa unjuk teknologi pertanaman aneka kacang diantara tanaman kakao. Dengan memanfaatkan potensi lahan saat peremajaan tanaman kakao dengan tingkat naungan 30-70%, beberapa varietas unggul kedelai, kacang tanah, kacang hijau, dan kacang tunggak dengan karakter toleran naungan dan kekeringan yang dilepas oleh Balitbangtan melalui Balitkabi telah mampu menunjukkan hasilnya, tidak hanya dari segi produktivitas, namun juga pada potensi sumbangan tanaman aneka kacang tersebut pada kesuburan lahan pertanaman kakao. Tantangan baru tersebut merupakan sukses baru Balitkabi untuk teknologi budi daya aneka kacang pada lahan spesifik lokasi. Penghargaan dan ucapan terima kasih kami sampaikan kepada tim penyusun, para penanggung jawab RPTP, RDHP, dan RKTM tahun 2019, serta tidak terkecuali semua pihak yang telah membantu dalam proses penyusunan highlight laporan tahunan 2019 ini. Semoga laporan ini dapat bermanfaat dalam menyampaikan informasi hasil-hasil utama penelitian tanaman aneka kacang dan umbi secara ringkas, jelas, dan padat sehingga dapat digunakan sebagai dasar dalam pengambilan kebijakan peningkatan produktivitas dan pemanfaatan tanaman aneka kacang dan umbi sebagai pemasok pangan nasional.

 

Download