Liputan Media » [ citraindonesia.com ] Meluncur Benih Kacang Hijau VIMA 1

kacang-hijau-poto_-ist-670JAKARTA, CITRAINDONESIA.COM- PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) meluncurkan benih Kacang Hijau varietas VIMA 1 guna meningkatkan produksinya untuk ketahanan pangan dan gizi secara nasional.

‘Untuk tahap awal Ewindo menargetkan penjualan sebesar 60 ton di tahun 2019, diharapkan dalam 5 tahun kedepan Ewindo dapat memproduksi dan menjual benih kacang hijau sebanyak 1.800 ton ditahun 2023 yang merupakan 30 persen dari kebutuhan nasional’, ungkap Managing Director Ewindo Glenn Pardede dalan diskusi bertema “Benih Unggul Untuk Mensejahterakan Petani, Meraih Ketahanan Pangan dan Pencapaian Nutrisi” di Hotel JW Marriot, Mega Kuningan, Jakarta Selatan, Rabu (7/11/2018).
Benih Kacang Hijau varietas VIMA 1 merupakan hasil seleksi dari Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi (Balitkabi) yang dikukuhkan melalui MoU antara Ewindo dengan Badan Litbang Pertanian Kementerian Pertanian.
Varietas VIMA 1 memiliki keunggulan di antaranya umur genjah, panen serempak dan potensi hasil yang tinggi mencapai 1,76 ton per hektar serta memiliki ketahanan terhadap penyakit embun tepung yang pada umumnya dapat merugikan pertani dimasa tanamnya.
‘Sebagai satu-satunya perusahaan produsen benih kacang hijau, kami berharap mendapatkan dukungan dari semua pemangku kepentingan dalam hal peningkatan produktivitas dan pendapatan petani kacang hijau di Indonesia dengan cara menggunakan benih yang berkualitas’, jelas Glenn.
Kementerian Pertanian juga mengaku bangga dengan dilaunchingnya benih unggul Kacang Hijau varietas VIMA 1 oleh PT. East West Seed Indonesia (Ewindo) diharapkan kedepannya petani diseluruh Indonesia dapat memproduksi kacang hijau dari benih yang bersertifikat agar dapat menghasilkan produktivitas yang sangat baik yang mampu membantu pemerintah dalam melancarkan program Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia di tahun 2045.
‘Hal yang seperti ini harus didukung oleh pemerintah karena dapat membantu mensejahterakan petani dengan menghasilkan produktivitas yang terbaik dari benih yang bersertifikat juga dapat melancarkan program pemerintah agar Indonesia menjadi Lumbung Pangan Dunia tahun 2045. Doakan saja semoga dengan adanya benih bersertifikat ini kedepannya dapat mengekspor Kacang Hijau’, tutup Takdir Mulyadi Direktur Perbenihan Direktorat Jenderal Tanaman Pangan Kementerian Pertanian. (Ning)