Liputan Media » [ kodimtanjab.com ] Pabung Kodim Tanjab Panen Raya Kedelai Bersama Kelompok Tani

kuala

KODIM TANJAB, KUALA TUNGKAL – Anggota kelompok tani (Poktan) “Sido Makmur’ Kelurahan Simpang Kecamatan Berbak Kabupaten Tanjung Jabung Timur melakukan Panen Benih Kedelai Lahan Pasang Surut bersama Bapak Bupati Tanjung Jabung Timur H. Romi Haryanto, S.E, Dandim 0419/Tanjab yang diwakil Pabung Mayor Chb Indra Wijaya, Kamis (02/08/2018).

Nampak hadir pada panen Kedelai tersebut Dias Ketahanan pangan Mahmud dan Ir. Muhalya, UPTD BPSPT Didi Setiadi, Anggota DPRD Komisi B Mahruf, BTP Jambi Ir. Lutfi Izhar, Kadis TPH Suarno,SP, Camat Berbak Budi Wahyu, S.STP, Plt Danramil Kapten Inf Tarigan, Kapolsek Berbak Ipda Sagala, S.H, Lurah/kades se Kecamatan Berbak, Babinsa, Kapuskesmas Berbak Martunus, Ka UPTD Pertanian Berbak Sutarman dan Kelompok Tani ± 300 orang.

Setelah kegiatan panen bersama, dilanjutkan temu wicara bapak Bupati dengan kelompok Tani dan PPL, dan pada kesempatan tersebut Bupati mengadakan undian kepada seluruh PPL dan ketua Kelompok tani yang hadir dengan cara mengadakan suatu pencabutan undian untuk Umroh.

Dan hasilnya yang mendapat Umroh antara lain Sdr.Teguh Nungroho sebagai PPL Desa Rantau Rasau 2 Kec Rantau Rasau, Sdr.Wardoyo sebagai ketua kelompok tani Putera Berbak desa Rawasari.

Bupati segaja memberikan hadiah Umroh ini tidak lain untuk memberikan dukungan kepada seluruh penyuluh lapangan (PPL) dan Ketua Kelompok tani untuk lebih giat dan bersinergi dalam pencapaian Target dan menjalankan Program-Program yang ada.

Dikesempatan ini juga, Bapak Bupati mengadakan tanya jawab langsung kepada para petani, apa-apa yang menjadi kekurangan masyarakat petani dilapangan dan langsung memberikan solusi kepada petani.

Pada kegiatan panen raya kedele ini Bapak Bupati sangat terkesan dan bangga karena dapat melihat langsung hasil panen raya benih kedele ini sehingga kedepannya, benih – benih kedele ini langsung dapat dipergunakan langsung oleh petani kedele tanpa menunggu benih dari luar.

Sedangkan Komandan Kodim melalui Pabung mengatakan dalam kegiatan Upsus ini anggota TNI khususnya Bintara Pembina Desa (Babinsa) diterjunkan untuk melakukan pendampingan terhadap para petani. Di wilayah masing masing.

Para Babinsa sebelum diterjunkan telah mengikuti pelatihan termasuk mereka membantu dari mulai penanaman hingga paska panen. “Kami mendampingi para petani dalam rangka meningkatkan produksi kedelai sehingga bisa mencapai swasembada sebagaimana dicanangkan pemerintah,”katanya.(PEN-0419)

 

Sumber