Liputan Media » [memo x]Kodim 0818 Kab Malang-Batu Gandeng Balitkabi Pakisaji Tingkatkan Kemampuan Apkorwil tentang Padi Unggulan

img-20170907-wa0079-copy

PRAKTEK: Pemberian tata cara penanaman padi unggulan kepada anggota Babinsa Kodim 0818

Malang, Memo X – Dalam rangka meningkatkan kemampuan seluruh anggota Babinsa Kodim 0818 Kab Malang-Batu dalam hal membudidayakan penanaman padi unggulan, Kamis siang mendapatkan pengarahan dan praktek tata cara penanaman padi unggulan. Acara berlangsung di Balitkabi (Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Ubi) Kecamatan Pakisaji Kabupaten Malang.

Kegiatan ini diprakasai Kodim 0818 Kab Malang-Batu bekerjasama dengan Balitkabi. Dihadiri 100 perwakilan anggota Babinsa yang bertugas di seluruh Koramil jajaran Kodim 0818.

img-20170907-wa0080-copy

PENGARAHAN: Pemberian materi oleh bapak Zaenal dari BPTP Jatim kepada seluruh anggota Babinsa sejajaran Kodim 0818 tentang varietas padi unggulan

Sebagai pemateri dari BPTP (Balai Pengkajian Teknologi Pertanian) Jatim, Zaenal Arifin.

Dihadapan para anggota Babinsa dirinya menyampaikan, “Perlu diketahui varietas yang merupakan sekelompok tanaman dari suatu jenis atau spesies yang ditandai oleh bentuk dan pertumbuhan tanaman, seperti tanaman padi.”

Lebih jauh dia mengatakan, “Padi unggulan ini memiliki keunggulan dibandingkan benih padi pada umumnya yakni produktivitas hasil padi bisa mencapai 10 ton per hektar.”

“Selain memiliki produktivitas yang tinggi, varietas padi tersebut juga lebih ramah lingkungan. Sebab mampu mengurangi penggunaan pestisida maupun pupuk kimia,” terangnya.

Bukan hanya teori yang didapat seluruh anggota Babinsa juga diberikan tata cara penanaman padi unggulan ini. Dengan praktek langsung dilahan pertanian milik Balitkabi. (fik/yan)

 

Sumber