Profil » Ubi Kayu

Kebutuhan ubikayu semakin meningkat sejalan dengan meningkatnya jumlah penduduk dan berkembangnya berbagai industri berbahan baku ubikayu, sehingga diperlukan teknologi inovasi berupa tersedianya varietas unggul berpotensi hasil tinggi dan memiliki kualitas umbi yang baik.

Selain untuk konsumsi langsung, ubikayu juga dapat ditingkatkan nilai tambahnya dengan mengubah menjadi bentuk produk pangan olahan, bahan baku industri dan bahan bakar nabati.

Ubikayu yang berdaya hasil tinggi dan umur genjah sangat diminati petani dan industri. Balitkabi berupaya terus untuk menghasilkan varietas yang berumur genjah dan hasil tinggi sesuai dengan keinginan penggunan.

Ubikayu Kandungan Etanol Tinggi

V arietas ubikayu yang mempunyai hasil etanol tinggi banyak diminati oleh Industri. Sebagai sumber alternatif bahan bakar nabati Ubikayu memberikan respon positif bagi sektor industri.Varietas Litbang UK2 dan calon VUB (CMM99008-3) merupakan varietas yang prospektif hasil etanol tinggi. Dengan rata-rata hasil 32-40 t/ha. Hanya dengan 4.23-4.52 kg/ha ubikayu dapat menghasilkan etanol sebesar 1 liter.

Ubikayu Umur Genjah

Hasil tinggi dan umur genjah calon varietas unggul CMM02048-6 sangat ditunggu petani. Dengan umur panen 6-8 bulan potensi hasil sebesar 53 t/ha. Calon varietas ini diterngarai toleran tungau merah dengan kadar HCN 28.21 ppm diperoleh rasa tidak pahit. Warna daging kuning ubikayu ini enak untuk konsumsi langsung.