Buletin Palawija » BULETIN PALAWIJA No 29, 2015

bp_no-29_2015_cover

Peningkatan produksi tanaman palawija untuk memenuhi kebutuhan dalam negeri ke depan akan menghadapi tantangan yang semakin berat. Konversi lahan pertanian subur ke sektor non pertanian yang terus berlangsung, memaksa pe-ngembangan tanaman palawija ke depan akan diarahkan ke lahan suboptimal, diantaranya ke lahan masam yang mempunyai potensi cukup luas. Di lain pihak, perubahan iklim yang tidak menentu sebagai dampak pemanasan global, juga memicu semakin besar dan beragamnya gangguan hama pada tanaman palawija. Kondisi tersebut menuntut adanya pemikiran dan teknologi yang dapat memecahkan masalahan dengan baik. Untuk itu Buletin Palawija edisi No 29 tahun 2015, menyampaikan lima tulisan yang diharapkan mampu memberi sumbangan untuk memecahkan masalah tersebut.

Lima tulisan tersebut, dua di antaranya memuat tentang pemanfaatan lahan masam untuk pengembangan tanaman aneka kacang dan umbi, yakni: (1) Pendayagunaan sumber daya genetik dalam pengembangan varietas kacang tanah toleran lahan masam, dan (2) Pemanfaatan biomasa tanaman kacang-kacangan sebagai bioremediasi untuk meningkatkan kesuburan tanah ultisol yang bersifat masam. Sementara itu untuk pengendalian hama kutu kebul (Bemisia tabaci Genn.) pada tanaman kedelai, hama Thrips pada tanaman kacang hijau, dan hama Boleng pada ubijalar yang tingkat gangguannya pada musim kering cukup besar, masing-masing diturunkan tulisan: (3) Kultur teknis sebagai dasar pengendalian hama kutu kebul Bemisia tabaci Genn. pada tanaman kedelai, (4) Pengelolaan tanaman dan tumbuhan inang untuk pengendalian thrips pada kacang hijau, dan (5) Potensi Cendawan Entomopatogen Beauveria bassiana (Balsamo) Vuillemin untuk mengendalikan hama boleng Cylas formicarius F. pada tanaman ubijalar.

Untuk meningkatkan akses terhadap informasi, Buletin Palawija selain dalam bentuk cetak, juga dapat diakses melalui isjd.lipi.go.id, ejurnal.litbang.pertanian.go.id, dan www.balitkabi.litbang.pertanian.go.id.

Pada kesempatan ini redaksi menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada : (1) para penulis yang telah menyumbangkan pemikirannya untuk dimuat dalam Buletin Palawija edisi ini, (2) Mitra Bestari yang telah membantu redaksi mengoreksi dan memberi masukan pada tulisan yang akan diterbitkan, dan (3) seluruh Tim Redaksi yang telah bekerjakeras hingga Buletin edisi ini dapat terbit.