Buletin Palawija » BULETIN PALAWIJA VOL. 14, Nomor 2, 2016

bp14_2-1

Peningkatan produksi padi, jagung, dan kedelai (pajale) kini menjadi fokus utama. Kementerian Pertanian. Seluruh potensi digerakkan untuk mendukung keberhasilan upaya peningkatan produksi pajale. Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi dengan inovasi/teknologi yang dihasilkan juga mendukung upaya Kementerian Pertanian meningkatkan produksi aneka tanaman kacang dan umbi. Buletin Palawija Balitkabi edisi ini menyajikan empat tulisan primer dan satu tulisan review. Tulisan primer terdiri atas dua teknologi untuk meningkatkan produksi kedelai di lahan sub-optimal, yaitu pengaruh genotipe dan ameliorasi terhadap hasil kedelai di tanah salin, dan tanggap fisiologis dan hasil bagi berbagai genotipe kedelai terhadap cekaman salinitas. Selain itu, juga disajikan tulisan tentang upaya meningkatkan produksi kacang tanah di lahan alkalin, dan formulasi pupuk hayati pelarut fosfat untuk kedelai di tanah masam. Satu tulisan review yang disajikan pada edisi ini mengulas tentang tungau merah yang menjadi kendala produksi ubi kayu pada musim kemarau. Buletin Palawija Volume 14 Nomor 1 ini merupakan kelanjutan dari edisi Buletin Palawija sebelumnya yang berakhir pada Volume 13 Nomor 1 Oktober 2015. Di samping melanjutkan edisi sebelumnya, pada edisi ini juga mengalami perubahan. Perubahan itu dilakukan selain berdasarkan Pedoman Penampilan Majalah Ilmiah Indonesia (PDII LIPI, Edisi Revisi 2012), juga mempertimbangkan aspek teknis penerbitan. Perubahan utama adalah dalam hal huruf (sekarang menggunakan Souvenir Lt BT), dan tata letak naskah, yaitu keterangan penulis, alamat surel (e-mail), dan sejarah naskah, yang sebelumnya posisinya di bawah, pada edisi ini diletakkan langsung di bawah penulis. Identitas kepustakaan masing-masing naskah kini ditampilkan sebagai sirahan (header) di setiap awal naskah. Hal ini bertujuan untuk memudahkan pembaca yang akan menyitir naskah tersebut dan/atau pembaca yang ingin berkomunikasi dengan penulis naskah yang bersangkutan.

Redaksi menyampaikan penghargaan dan terimakasih kepada: (1) para penulis yang telah menyumbangkan tulisan untuk dimuat pada Buletin Palawija edisi ini, (2) Mitra Bestari yang telah membantu Redaksi mengoreksi dan memberi masukan pada tulisan yang akan diterbitkan, dan (3) seluruh Tim Redaksi yang telah bekerja keras hingga Buletin Palawija edisi ini dapat terbit.

Cover

Daftar Isi

HUBUNGAN ANTARKOMPONEN MORFOLOGI DENGAN KARAKTER HASIL BIJI KEDELAI / Ayda Krisnawati dan M. Muchlish Adie

PENGARUH PUPUK KANDANG DAN PUPUK ANORGANIK TERHADAP BERBAGAI VARIETAS KACANG HIJAU DI TANAH MASAM / Sri Ayu Dwi Lestari dan Henny Kuntyastuti

PENAMPILAN GALUR-GALUR KEDELAI TOLERAN NAUNGAN DI DUA LINGKUNGAN / Titik Sundari

PELUANG PENGEMBANGAN KACANG TANAH DI LAHAN KERING NTT / Fachrur Rozi, Imam Sutrisno, dan A.A. Rahmianna

PATOLOGI DAN TEKNIS PENGUJIAN KESEHATAN BENIH TANAMAN ANEKA KACANG / Mudji Rahayu