Monograf » Monograf Kedelai (2013)

thumb_mono_deleHingga saat ini produksi nasional kedelai belum memenuhi semua kebutuhan dalam negeri sehingga kekurangannya masih harus diimpor. Oleh karena itu, komoditas ini perlu terus diupayakan peningkatan produksinya untuk memenuhi kebutuhan yang terus meningkat dan sekaligus menyediakan pangan yang bergizi bagi masyarakat luas.

Pemerintah senantiasa berupaya meningkatkan produksi kedelai melalui berbagai kebijakan dan program, baik intensifikasi maupun ekstensifikasi. Untuk mendukung upaya peningkatan produksi nasional, Puslitbang Tanaman Pangan telah menghasilkan inovasi teknologi kedelai dari berbagai aspek yang telah dipublikasikan dalam buku Kedelai yang diterbitkan pertama kali tahun 1985. Sejalan dengan perkembangan iptek, kini Puslitbang Tanaman Pangan menerbitkan buku Kedelai yang baru dengan penyajian yang relatif berbeda dibandingan dengan yang diterbitkan sebelumnya.

Dalam buku ini lebih dari 500 halaman membahas secara komprehensif tentang morfologi tanaman, perakitan verietas unggul, budi daya, pengendalian organisme penanggu tanaman, pola tanam, pasca panen, pengolahan kedelai untuk produk pangan, baik secara tradisional maupun modern, social-ekonomi, dan aspek kebijakan.

Isi