SDM Profesional » Tinuk Sri Wahyuni, S.P., M.P.

Pendidikan

S2/Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Peneliti Madya

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Email

Tinuk Sri

Tinuk Sri Wahyuni, SP,MP dilahirkan di Malang pada tanggal 25 Juli 1962. Gelar Sarjana Pertanian (SP) diperoleh dari Universitas Islam Malang (Unisma) di kota Malang – Indonesia, Jurusan Budidaya Pertanian pada tahun 1994.

Pada tahun 2000 mendapatkan beasiswa dari proyek ARMP II untuk melanjutkan pendidikan S2 di Universitas Padjadjaran (Unpad), Program Studi Ilmu Tanaman, Bidang Kajian Utama Ilmu Pemuliaan Tanaman dan mendapat gelar Magister Pertanian (MP) tahun 2003.

Jenjang karir peneliti diawali dari jabatan Peneliti Muda yang diperoleh terhitung mulai tanggal 1 April tahun 2007, pada bidang Genetika dan Pemuliaan Tanaman. Hingga tahun 2015, telah menghasilkan 60 judul karya tulis ilmiah tentang pemuliaan dan plasma nutfah tanaman ubijalar dan ubikayu yang terbit pada berbagai prosiding seminar dan jurnal ilmiah, baik sebagai penulis tunggal, penulis utama maupun co-author.

Selain itu juga andil dalam penulisan buku ‘Ubijalar – Inovasi teknologi dan prospek pengembangan’ yang diterbitkan pada tahun 2011 oleh Puslitbang Tanaman Pangan. Sebagai pemulia tanaman, yang bersangkutan berperan serta dalam proses perakitan varietas unggul ubijalar Papua Solosa, Beta-1, Beta-2, Antin-1, Antin-2, Antin-3 dan Beta-3.