SDM Profesional » Apri Sulistyo, S.P., M.Si.

NIP

198004152009011006

Pendidikan

S2, Bidang Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Peneliti Muda

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Kedelai

Email

apriApri Sulistyo lahir di Jakarta pada tanggal 15 April 1980. Pendidikan sarjana di bidang pemuliaan tanaman ditempuh selama empat tahun di Fakultas Pertanian, Institut Pertanian Bogor dan mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (S.P.) pada tahun 2002. Setahun kemudian melanjutkan pendidikan S2 di Sekolah Pascasarjana, Institut Pertanian Bogor dan memperoleh gelar Magister Sains (M.Si.) dalam bidang pemuliaan tanaman pada tahun 2006.

Sebelum bergabung dengan Balitkabi, pernah bekerja di PT Sygenta Indonesia tahun 20072009 dan menjadi anggota tim pelepasan empat varietas semangka, dua varietas tomat, dua varietas jagung manis, dua varietas mentimun, satu varietas cabai besar, satu varietas cabai keriting, dan satu varietas kubis bunga. Selepas berkarir di perusahaan swasta, diterima sebagai Calon Pegawai Negeri Sipil di Balitkabi pada bulan Juni tahun 2009 dan diangkat menjadi Pegawai Negeri Sipil pada tanggal 1 Januari 2010.

Jabatan fungsional peneliti diperoleh pada tahun 2012 sebagai Peneliti Muda bidang Pemuliaan dan Genetika Tanaman. Selama menjadi peneliti, berkesempatan mengikuti training Marker Assisted Breeding di Michigan State Univeristy, Amerika Serikat pada tahun 2015. Hingga kini masih aktif menulis karya tulis ilmiah sebagai penulis pertama maupun penulis pendamping yang dipublikasikan di prosiding maupun jurnal nasional dan internasional.