SDM Profesional » Ayda Krisnawati, S.P., M.Sc.

Pendidikan

S2/Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Peneliti Muda

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Kedelai

ayda krishnaPendidikan S1 dan S2 diselesaikan di Universitas Gadjah Mada Yogyakarta di Fakultas Pertanian, Jurusan Budidaya Pertanian, Program Studi Pemuliaan Tanaman.

Diterima di Balitkabi sebagai calon peneliti bidang pemuliaan tanaman pada tahun 2005. Pada tahun 2005-2006 mendapat mandat untuk melakukan penelitian pemuliaan untuk komoditas ubi jalar dan juga melaksanakan rejuvinasi dan karakterisasi plasma nutfah kacang-kacangan potensial (kacang gude dan kacang komak).

Mulai tahun 2007 hingga tahun 2010 dialihtugaskan menjadi pemulia kedelai, dan juga sebagai kurator plasma nutfah kedelai sekaligus menangani pangkalan data plasma nutfah aneka kacang dan umbi. Pada tahun 2010 hingga saat ini berstatus sebagai pemulia kedelai, dan merupakan tim pemulia varietas unggul kedelai berumur genjah Gema, kedelai hitam Detam 3 PRIDA dan Detam 4 PRIDA, serta kedelai berkandungan isoflavon tinggi Devon 1.

Karir jabatan fungsional di bidang pemuliaan diperoleh pada bulan Maret 2009, dan hingga saat ini (2016) menduduki jabatan Peneliti Muda di bidang pemuliaan kedelai.

Tahun 2009 berkesempatan magang tentang pemuliaan kedelai dan pengelolaan plasma nutfah (Soybean Breeding and Germplasm Management) selama 2 minggu di National Institutes of Agrobiological Sciences (NIAS) di Tsukuba, Jepang.

Sedangkan pada tahun 2010 mendapatkan beasiswa NFP (The Netherlands Fellowship Programme) dari Pemerintah Belanda untuk mengikuti shortcourse selama 3 (tiga) minggu dengan tema “Contemporary approaches to genetic resources conservation and use” di Wageningen, Belanda.

Pada tahun 2014 telah mengikuti International Association for Plant Biotechnology (IAPB) Congress ke 13 di Melbourne, dan International Conference on Food Security and Nutrition (ICFSN 2014) yang dilaksanakan di Shanghai, China.

Karya tulis yang telah dihasilkan hingga sekarang lebih dari 50 naskah dengan topik pemuliaan kedelai, pemuliaan ubijalar, dan tentang plasma nutfah aneka kacang dan umbi.