SDM Profesional » Dr. Kartika Noerwijati

Pendidikan

S3/Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Peneliti Muda

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Ubi Kayu

Email

sdm_kartika_nKartika lahir di desa Klampok Kecamatan Purwareja-Klampok, Kabupaten Banjarnegara pada tanggal 10 Mei 1972, anak ketiga dari empat bersaudara dari pasangan Ibu Maryati dan Bapak Nadim.

Pada tanggal 17 Agustus 2000 menikah dengan Rohmad Budiono, S.P., M.Sc (peneliti BPTP Jawa Timur).

Kartika dikaruniai tiga orang anak yaitu Putri Fauzatun Nadhira (01 Desember 2001), Akmal Fauzan Abdillah (28 Juni 2003), dan Khansa Fadhilah Ramadhani (06 September 2009).

Pendidikan sekolah dasar ditempuh di SD Negeri 1 Klampok Banjarnegara lulus tahun 1985, dilanjutkan ke SMP Negeri I Purwareja-Klampok Banjarnegara lulus tahun 1988 dan SMA Negeri I Purwokerto lulus tahun 1991.

Menempuh Pendidikan Sarjana di Fakultas Pertanian Universitas Jendral Soedirman Purwokerto pada Program Studi Pemuliaan Tanaman lulus tahun 1997. Melanjutkan Pendidikan Program S2 di Institut Pertanian Bogor pada program studi yang sama lulus tahun 2002, dan tahun 2014 meraih gelar Doktor pada Jurusan Ilmu-ilmu Pertanian program Studi Pemuliaan Tanaman dari Universitas Gadjah Mada, Lulus pendidikan sarjana, Kartika sempat bekerja di perkebunan bunga potong PT. Ostra Farm di Cipanas, Jawa Barat, pada tahun 1997 – 1998.

Pada bulan Agustus 1998 Kartika bergabung sebagai calon peneliti komoditas ubikayu di Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian Malang, yang sekarang namanya berubah menjadi Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi.

Jabatan fungsional peneliti diawali sebagai Peneliti Pertama tahun 2006 dan saat ini sedang dalam proses ke jenjang Peneliti Muda. Selain sebagai peneliti, tugas sebagai Ketua Tim Website Balitkabi diemban mulai tahun 2015.

Tahun 2015 diundang oleh CIAT sebagai invited speaker dalam Strengtening Impact Assessment in CGIAR: Workshop for documenting cassava varietal adoption and diffusion in Indonesia. Pada tahun 2005 dan 2015 diundang sebagai dosen tamu di Universitas Jendral Soedirman dan Universitas Negeri Medan.

Pada tahun 2016 terlibat dalam kerjasama penelitian ubikayu ACIAR-CIAT-Balitkabi-Universitas Brawijaya. Dan pada tahun 2016 pula, Kartika mulai aktif sebagai anggota SABRAO, Society for the Advancement of Breeding Research in Asia and Oceania.

Kegiatan sebagai narasumber komoditas ubikayu juga kerap dilakukan baik di Dinas Pertanian Kabupaten maupun kunjungan tamu di Balitkabi. Sekitar tiga puluh karya tulis telah dihasilkan, dalam bentuk jurnal, prosiding dan makalah yang diterbitkan dan disampaikan dalam pertemuan ilmiah nasional maupun internasional.