SDM Profesional » Dr. Novita Nugrahaeni

Pendidikan

S3/Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Peneliti Madya

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Kedelai, Kacang Tanah

Email

dr_novitaDr. Novita Nugrahaeni. Lahir di Solo, Jawa Tengah, tanggal 26 November 1959. Mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (jurusan Agronomi) dari Fakultas Pertanian Institut Pertanian Bogorpada tahun 1982 dari Institut Pertanian Bogor. Pendidikan S2 jurusan yang sama ditempuh di PT yang sama dan lulus pada tahun 1993 dengan gelar Magister Sains (MS). Pada tahun 2007 menyelesaikan pendidikan S3 di Universitas Gadjah Mada pada Fakultas Pascasarjana, program Studi ilmu Pemuliaan Tanaman.

Pendidikan non-gelar yang pernah ditempuh adalah kursus Upland Crops Varietal Improvement di IPB-UPLB dan IRRI, Filipina; Seed Technology for Researchers di Balittan Sukamandi-IPB-Bogor; Crop Improvement in Groundnut di ICRISAT, India; dan DUS Testing di Balitpa.

Yang bersangkutan bekerja sebagai peneliti di bidang plasma nutfah tanaman pangan (1982-1986, 1988-1989, 2014-sampai sekarang), pemuliaan kacang tanah (1993-2013), pemuliaan kedelai (2009-2014) dan pernah bertugas di Sub Balai Penelitian Tanaman Pangan Kayu Agung, Sumatera Selatan (1986-1988).

Selama bekerja yang bersangkutan telah menyusun katalog plasma nutfah, melepas dua puluh varietas unggul kacang tanah,empat varietas unggul kedelai, baik sebagai anggota tim maupun sebagai peneliti utama pelepas varietas, menjadi anggota tim penyusun buku panduan teknologi produksi benih kedelai dan kacang tanah, pedum produksi benih, serta panduan roguing kedelai. Terkait dengan tugasnya sebagai peneliti, yang bersangkutan aktif melaksanakan kegiatan diseminasi hasil penelitian melalui publikasi dan sebagai narasumber di dalam pelatihan/sosialisasi peneliti, teknisi, petani, penangkar, penyuluh, dan petugas pertanian lainnya, membimbing mahasiswa, serta mengikuti seminar/pertemuan ilmiah nasional maupun internasional, dan tercatat sebagai anggota Peripi dan Sabrao.