SDM Profesional » Dr. Nur ‘Aini Herawati, S.Si., M.Sc.

NIP

197202061998032002

Pendidikan

S3

Kelompok Peneliti

Proteksi

Email

my-pict-with-uniform

Nur ‘Aini Herawati lahir di Klaten, Jawa Tengah pada tanggal 6 Februari 1972. Gelar Sarjana Sains diperoleh dari Fakultas Biologi (Jurusan Zoologi) Universitas Gadjah Mada, Yogyakarta pada akhir tahun 1996. Bulan Januari 1997 resmi direkrut oleh Balitpa (sekarang BB Padi) sebagai tenaga honorer di Kelti Proteksi (Laboratorium Tikus), untuk bergabung dalam kerjasama penelitian multiyears hama tikus dengan ACIAR, Australia. Status sebagai PNS di unit kerja yang sama diperoleh pada tahun 1998. Tahun 2003 berhasil lolos dalam seleksi program beasiswa ADS (Australian Develeopment Scholarship)  untuk melanjutkan program Master yang didanai sepenuhnya oleh pemerintah Australia. School of Botany and Zoology (BoZo) di Australian National University, Canberra menjadi pilihannya dalam menempuh jenjang Master. Topik penelitian tesisnya adalah mekanisme dan fungsi fisiologis sistem pencernaan tikus sebagai hewan omnivora yang lebih mengandalkan caecum sebagai organ fermentasinya.

Setahun setelah menyelesaikan program master, yang bersangkutan ditunjuk menjadi Kepala Seksi Kerjasama Penelitian. Jenjang fungsional peneliti muda diperoleh pada tahun 2008 dengan tetap memfokuskan kajian riset pada hama tikus. Pendidikan Doktoral diselesaikan pada tahun 2016 di Fakultas Biologi (Program Studi Biologi), Universitas Gadjah Mada. Penelitian disertasi tetap konsisten menekuni hama tikus sawah dengan memfokuskan fertility control sebagai topik risetnya. Senyawa pengendali kesuburan digunakan untuk menekan laju perkembangbiakan tikus sawah betina agar dapat mengurangi populasi.

Selama menjalani karir sebagai peneliti hama tikus sejak awal hingga sekarang, berbagai kesempatan training dan forum ilmiah skala nasional/internasional telah diikuti. Selain kegiatan penelitian internal, beberapa kerjasama penelitian dengan lembaga riset internasional juga telah dikerjakan. Pembimbingan terhadap mahasiswa dan menjadi narasumber di sejumlah kegiatan internal atau luar instansi sering pula dilakukan. Sejumlah karya ilmiah mengenai bioekologi hama tikus dan teknologi pengendaliannya telah dipublikasi dalam bentuk prosiding, buku serta jurnal ilmiah lokal dan internasional. Pada bulan Oktober 2020, yang bersangkutan mutasi dari BB Padi (Sukamandi) dan bergabung dengan Balitkabi, Malang.