SDM Profesional » Dr. Sholihin

Pendidikan

S3 Ilmu Pertanian, kekhususan : Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Peneliti Utama

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Ubi Kayu

Email

dr_sholihinSholihin, lahir di Mojokerto, Jawa Timur pada 31 Agustus 1963, adalah anak ke empat dari 7 bersaudara putera Bapak Abdul Halim dan Ibu Asmah. Ia menikah dengan Yun Agustin Ratnawati pada tahun 1993 dan telah dikarunia satu putera, M. Essa Ariestyan Shora dan satu puteri, Dhiyan Amirah Shora. Peneliti Pemuliaan Tanaman ini bekerja di Balai Penelitian Tanaman Aneka kacang dan Umbi pada kelompok Peneliti Plasma nutfah dan Pemuliaan.

Setelah menempuh pendidikan di SD Islam Al-Ishlah, Trowulan, Mojokerto, Jawa Timur, SMP Islam Al-Ishlah, Trowulan, dan di SMPP Negeri Mojokerto, ia diterima di Univeritas Brawijaya (UB), melalui ujian saringan masuk perintis I tahun 1983. Gelar sarjana di peroleh dari Fakultas Pertanian UB (Ir. 1988), dan Master of Science dalam pemuliaan tanaman dari University of Philippine los Banos (UPLB), Philippine, (M.Sc, 2001).

Dia memperoleh gelar Doktor Program Ilmu-Ilmu Pertanian, kekhususan: Pemuliaan Tanaman pada tahun 2006 dari Universitas Brawijaya, Malang, dengan predikat ”Cum Laude“. Selama bekerja, ia mengikuti berbagai pelatihan di dalam maupun di luar negeri, antara lain:”International Training Course on Crop Improvement”, di ICRISAT, India, Maret hingga Nopember 1991; “Practical Workshop in Cassava Breeding”, di CIAT-Thailand, 1996; “In country Training Course on New Development Analysis in GxE and Interpretasi of results”, IRRI-CRIFC, Indonesia, 1996; Training “Aplication of biotechnology in genetics improvement of agricultural commodities“Thailand, 2012, The knowlwdge transfer under the project of quality assessment and standardization of DUS testing for PVP in Indonesia“, Malang, 2012

Sholihin diangkat sebagai Pegawai Negeri Sipil pada tahun 1990, sebagai tenaga peneliti di Balittan (Balai Penelitian Tanaman Pangan) Malang yang sekarang menjadi Balai Penelitian Tanaman Aneka Kacang dan Umbi. Pada tahun 1990 diangkat sebagai Penata Muda/IIIa) Pada tahun 1993 diangkat sebagai Peñata Muda Tk. I/IIIb, tahun 1995 sebagai Penata/IIIc, tahun 1998 sebagai Penata Tk. I/IIId. Kepangkatan sebagai Pembina/IVa diperoleh pada tahun 2005, sebagai Pembina Tk. I/IVb pada tahun 2010, Pembina Utama Muda/IVc pada tahun 2013, dan Pembina Utama Madya/IVd pada tahun 2016. Dia mengawali jenjang fungsional langsung sebagai Asisten peneliti Madya tahun 1993, kemudian menjadi Ajun Peneliti muda tahun 1995, dan akhirnya mencapai jenjang Peneliti Utama tahun 2015.

Sebagai peneliti, dia telah berpartisipasi aktif dalam lebih berbagai kegiatan penelitian, baik sebagai ketua, anggota, maupun nara sumber Tim Peneliti, baik sebagai kegiatan penelitian internal unit kerja tempatnya bekerja maupun sebagai kegiatan kerjasama antar lembaga penelitian pemerintah dengan swasta, di dalam maupun di luar negeri. Pada tahun 2010, 2011, 2015, dan 2016, sholihin ditugaskan sebagai penanggungjawab RPTP (Rencana Penelitian Tingkat Peneliti) untuk pemuliaan ubikayu dan ubijalar.

Kerjasama penelitian internasional antara lain dilakukan dengan CIAT. Kerjasama penelitan dengan swasta antara lain dilakukan dengan P.T Sorini, dan P.T Ajinomoto. Pada tahun 2012, Sholihin pernah diundang oleh Genetics society of Malaysia sebagai invited speker dalam seminar internasional pemuliaan tanaman, tahun 2015 diundang oleh CIAT sebagai invited speker dalam Strengtening Impact Assessment in CGIAR: Workshop for documenting cassava varietal adoption and diffusion in Indonesia, tahun 2015 diundang oleh UB sebagai invited speker dalam International workshop, peningkatan produsi ubikayu dan pengembangan industri pengolahannya. Tahun 2013 diundang oleh PVTPP sebagai invited speker dalam The 2nd Meeting for harmonization of test guidelines.

Sholihin pernah menjadi Science Referee untuk jurnal terakreditasi, BIOTA, 2011, Agrivita, 2011 dan 2015, anggota Dewan Editor beberapa prosiding seminar. Dia menjadi anggota dalam organisasi profesi baik nasional (PERIPI) maupun internasional (SABRAO, Society for the Advancement of breeding Research in Asia and Oceania) hingga saat ini. Di samping itu, dia juga menjadi “Country Focal Points” Indonesia untuk ACB-Net (Asia Cassava Breeding Network).

Sholihin pernah mendapatkan penghargaan atas prestasi dan sumbangsihnya dalam bidang penelitian bagi pembangunan Pertanian, yaitu : Peneliti Berprestasi dari Menteri Pertanian RI (2012).

Sebagai pemulia tanaman, Sholihin telah melepas 1 varietas sorghum dan 3 varietas ubikayu. Pengalaman pengabdian masyarakat antara lain sebagai narasumber pada pertemuan-pertemuan yang diselenggarakan oleh Direktorat Jenderal Tanaman Pangan, Dinas Pertanian Tingkat Propinsi dan Tingkat Kabupaten, yang terkait dengan komoditas ubikayu. Sebagai nara sumber pada pengembangan ubikayu di PT Medco, PT London Sumatra, PT Indofood, dan PT Sorini. Pada tahun 2012 hingga 2014, sholihin pernah membantu PVTPP sebagai pemeriksa varietas dalam proses uji BUSS untuk mendapatkan hak PVT untuk tanaman padi (8 varietas) , jagung (8 varietas), dan kapas (2 varietas). Sholihin pernah menjadi penguji dalam sidang terbuka disertasi mahasiswa S3 di Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya.

Pada Januari 2009 – Desember 2012, Sholihin ditugasi sebagai Ketua Kelompok Peneliti Pemuliaan dan Plasma Nutfah pada Balai Penelitian Tanaman kacang-kacangan dan Umbi-umbian. Di samping itu, yang bersangkutan juga aktif dalam kegiatan ilmiah, antara lain sebagai Ketua Panitia Seminar Hasil Penelitian Balitkabi (tahun 2012); Ketua Panitia “Open House” di Balitkabi (tahun 2009).

Tujuh puluh empat publikasi karya ilmiah dan hasil penelitian yang bersangkutan telah diterbitkan dalam bahasa Indonesia maupun Inggris pada jurnal ilmiah, dan prosiding baik di dalam negeri maupun luar negeri. Disamping itu juga aktif sebagai pembicara pada workshop, seminar dan simposim baik berskala Nasional maupun Internasional. sholhalim@yahoo.com; sholhalim@gmail.com