SDM Profesional » Ir. Erliana Ginting, M.Sc.

NIP

196312141989032001

Pendidikan

S2, Food Science and Technology

Jabatan

Peneliti Utama

Kelompok Peneliti

Ekofisiologi

Komoditas

Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu, Ubi Jalar

Email

bu-erliErliana Ginting lahir di Medan pada tanggal 14 Desember 1963. Mendapatkan gelar Insinyur dari Fakultas Teknologi Pertanian Jurusan Pengolahan Hasil Pertanian, Universitas Gadjahmada, Yogyakarta tahun 1987. Pendidikan S2 bidang Food Science and Technology (by research) dilaksanakan di Faculty of Science, University of New South Wales, Sydney, Australia pada tahun 2000−2002 untuk mendapatkan gelar Master of Science (MSc). Mulai bekerja sebagai peneliti pascapanen dan pengolahan pangan di Balitkabi (sebelumnya Balittan Malang) pada tahun 1987 dan bergabung ke dalam Kelompok Peneliti Ekofisiologi. Karir fungsional sebagai peneliti dimulai pada tahun 1993 sebagai Asisten Peneliti Madya hingga saat ini sebagai Peneliti Utama.

Awal bekerja hingga saat ini, banyak terlibat dalam kegiatan penelitian teknologi pascapanen dan pemanfaatan aneka kacang dan umbi yaitu kedelai, kacang hijau, kacang tanah, ubijalar, dan ubikayu serta beberapa umbi potensial, seperti garut, ganyong dan talas/kimpul menjadi berbagai produk pangan. Selain itu juga aktif mengidentifikasi sifat fisiko-kimia dan sensoris serta kesesuaian pemanfaatan galur/klon harapan aneka kacang dan umbi sebagai data dukung pelepasan varietas unggul baru. Demikian pula komponen bioaktif kacang dan umbi, di antaranya beta-karoten, antosianin, isoflavon, dan fenol untuk mempromosikan pemanfaatannya sebagai pangan fungsional, baik berupa penelitian in-house maupun kerjasama dengan lembaga penelitian internasional (JIRCAS, ACIAR, AFACI, CIP) dan nasional (BATAN) serta perguruan tinggi.

Beberapa kegiatan training dan workshop di luar negeri juga pernah diikuti, di antaranya: (1) Detection and Estimation of Aflatoxin in Groundnut-based Products di ICRISAT, India tahun 1997, (2) Simple Methods for Screening Aflatoxigenic Moulds, Detection and Estimation the Aflatoxin Produced Using TLC and HPLC Techniques di National Food Research Institute, Tsukuba, Japan tahun 1998, (3) Application of Nanotechnology for Food and Agriculture di AIT, Thailand tahun 2011, (4) Analysis of Isoflavones and Anthocyanins in Selected Indonesian Soybean Genotypes” di Miryang, Korea Selatan (AFACI Project/SMART-D Badan Litbang Pertanian) tahun 2013.

Sejumlah karya tulis, baik sebagai penulis pertama maupun penulis pendamping telah dipublikasi jurnal internasional, jurnal nasional maupun prosiding serta buku/monograf dan booklet/leaflet, diantaranya booklet “Resep Produk Olahan Aneka Umbi” yang telah beberapa kali cetak ulang sejak tahun 2008. Sebanyak enam usulan paten telah didaftarkan dari berbagai produk tersebut, yakni tiwul instan, mie ubijalar, jus ubijalar, es krim ubijalar, roti manis kimpul, dan nugget kimpul. Di samping itu juga terlibat aktif pada kegiatan diseminasi pemanfaatan aneka kacang dan umbi menjadi berbagai olahan pangan dari Aceh sampai Papua dalam bentuk gelar teknologi, pameran, sosialisasi, pelatihan dan magang.