SDM Profesional » Joko Restuono, S.P.

NIP

197107282007011002

Pendidikan

Sarjana

Jabatan

Peneliti Pertama

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Ubi Jalar

Email

joko-restuonoJoko Restuono mendapatkan gelar Sarjana Pertanian (S.P.) pada tahun 2005 dari Universitas Tribhuwana Tunggadewi Malang.

Sejak tahun 1993, telah bekerja sebagai teknisi pada Balittan Malang dengan memegang pelaksanaan penelitian beberapa komoditas antara lain jagung, ubijalar, ubi kayu, gandum, kedelai, kacang hijau dan kacang tanah. Joko Restuono sangat berpengalaman melaksanakan persilangan tanaman dalam kegiatan perakitan varietas unggul pada komoditas pangan yang digelutinya. Mulai tahun 1996 hingga sekarang, kegiatan yang dilakukan terfokus pada satu komoditas yaitu ubijalar. Pengalaman menyilangkan pada tanaman pangan, digunakan sebagai dasar dalam melakukan persilangan ubijalar untuk merakit dan mendapatkan varietas unggul baru nasional.

Joko Restuono telah menghasilkan varietas unggul ubijalar. Varietas-varietas unggul ubijalar yang ikut dirakit antara lain varietas Kidal, Jago, Sukuh, Sari, dan Boko yang dirilis pada tahun 2001, kemudian varietas Papua Solossa, Papua Pattipi dan Sawentar dirilis pada tahun 2006, varietas Beta 1 dan Beta 2 dirilis pada tahun 2009, varietas Antin 1 dirilis pada tahun 2013, varietas Antin 2, Antin 3 dan Benindo dirilis pada tahun 2014. Sedangkan pada komoditas gandum, Joko Restuono masuk dalam tim pelepasan varietas Guri 5 yan dirilis pada tahun 2014. Pada tahun 2015 juga terlibat pada pelepasan varietas unggul baru ubijalar yaitu Beta 3, dan pada tahun yang sama bekerjasama dengan PT Toyota Bio Indonesia Lampung juga melepas varietas ubijalar dengan nama Toyota UJ 2, Toyota UJ 4 dan Toyota UJ 5. Pada tahun 2016 terlibat pula dalam pelepasan varietas ubijalar Patting 1 dan Patting 2.

Tahun 2014 Joko Restuono dicalonkan sebagai peneliti pada kelompok peneliti pemuliaan, dan tahun 2015 SK Peneliti Pertama telah diterima. Saat ini, penelitian yang dilakukan fokus pada pemuliaan tanaman ubijalar.

Pengalaman keanggotaan dalam himpunan pemulia ubijalar (CIP) diikuti hingga sekarang. Tugas sebagai narasumber ubijalar ke berbagai daerah dan universitas juga sering dilakukan. Tahun 2016, dilibatkan dalam produksi benih sumber aneka kacang dan umbi pada Unit Pengelolaan Benih Sumber (UPBS) Balitkabi.