Uncategorized » Ir. Mudji Rahaju, M.S.

NIP

19580406 1983032001

Pendidikan

S2 Ilmu Pertanian

Jabatan

Peneliti Madya

Kelompok Peneliti

Proteksi

Komoditas

Kedelai, Kacang Tanah, Kacang Hijau, Ubi Kayu

Email

mujiPendidikan formal SMA ditempuh di SMAN Probolinggo lulus tahun 1976. Sarjana Pertanian (gelar Ir.) diperoleh tahun 1982 dari Fakultas Pertanian Universitas Brawijaya Malang, jurusan Perlindungan Tanaman. Bekerja sebagai staf peneliti penyakit palawija di Balittan Malang (sekarang menjadi Balitkabi) mulai tahun 1982 dengan status honorer, dan pada tahun 1983 diangkat sebagai PNS Departemen Pertanian. Tahun 1986 mengikuti Program Pascasarjana S2 Jurusan Ilmu-ilmu Pertanian di UGM Yogyakarta, lulus tahun 1989 (gelar MS, Magister Sains).
Pernah mengikuti sejumlah pelatihan dan workshop tingkat peneliti lingkup nasional dan internasional. Tugas pokok di Balitkabi sebagai peneliti bidang penyakit (bakteri, jamur, virus) pada komoditas aneka kacang dan ubikayu. Selain itu sering ditugasi menjadi narasumber untuk petani dan penyuluh pertanian, serta membimbing mahasiswa PKL dan pembuatan tugas akhir skripsi.
Mudji Rahaju tercatat sebagai anggota himpunan profesi PFI (Perhimpunan Fitopatologi Indonesia) yang secara periodik mengadakan seminar nasional dan regional. Ada sekitar 75 karya tulis ilmiah yang dihasilkan, dimuat dalam prosiding, jurnal (nasional dan internasional), buku monograf, buku pedum (pedoman umum), serta info teknologi di laman web.