Uncategorized » Prof (Riset). Astanto Kasno

Pendidikan

S3/Pemuliaan Tanaman

Jabatan

Profesor Riset

Kelompok Peneliti

Pemuliaan

Komoditas

Kacang Tanah

Email

prof_a_kasnoProf. (Riset). Dr. Ir. Astanto Kasno, M.S. mendapatkan gelar sarjana pertanian di Fakultas Pertanian jurusan Agronomi (minat Ilmu Pemuliaan), Universitas Padjadjaran di Bandung tahun 1978 dengan predikat Cum Laude.

Pada Tahun 1980 mendapatkan kesempatan untuk melanjutkan studi S2 pada Fakultas Pasca Sarjana Institut Pertanian Bogor, jurusan Ilmu Tanaman bidang Pemuliaan dan menyelesaikannya pada tahun 1983. Jenjang S3 untuk jurusan dan bidang yang sama diselesaikannya pada tahun 1986 di Institut yang sama pula.

Karier sebagai peneliti diawali sejak ia masih sebagai Sarjana Muda tahun 1977 di Lembaga Pusat Penelitian dan Pertanian (LP3), Bogor sebagai staf peneliti honorer pada bagian Agronomi, kemudian di Balai Penelitian Tanaman Bogor hingga tahun 1986.

Setelah selesai S3 pada bulan Juni 1986,yang bersangkutan pindah ke Balai Penelitian Tanaman Pangan Malang ( Balittan Malang) yang kini menjadi Balai Penelitian Tanaman Kacang-kacangan dan Umbi-umbian (Balitkabi) dan bekerja di lembaga itu hingga kini.

Sebagai pegawai Negeri Sipil Karier pekerjaan dimulai tahun 1981 sebabagi CPNS, tahun 1982 sebagai PNS dengan pangkat Penata muda Golongan III a, Penata Tingkat I Golongan III d pada tahun 1991, sebagai Pembina golongan IV a tahun 1994, dan Pembina utama golongan IV e dicapai tahun 2006.

Selama itu tidak pernah menduduki jabatan struktural. Jabatan fungsional penelitian bidang keahlian ilmu pemuliaan diperoleh tahun 1989 sebagai Ajun Peneliti Madya, pada tahun 1993 diangkat sebagai Ahli Peneliti Muda dan pada tahun 1994 diangkat sebagai Ahli Peneliti Utama dan sejak tanggal 5 Januari 2006 telah dikukuhkan sebagai Profesor (Riset).

Selama kariernya sebagai peneliti telah menulis 131 makalah Nasional dan 22 Internasional yang diterbitkan di dalam jurnal maupun prosiding, menyusun tiga buah buku dan melepas 30 varietas aneka tanaman kacang.