Upaya Khusus » Panen Padi Bersama di Kabupaten Blitar

upsus_13_1_18_blitaraHari ini cuaca cerah mengiringi aktivitas panen padi seluas 25 ha dari hamparan 120 ha di lahan kelompok tani Barokah Desa Jati Tengah Kec. Selopuro Kab. Blitar. Turut hadir dalam panen raya adalah Ka Balitbangtan, Ka. BBP2TP, Ka.BB Padi, Ka. BPTP Jatim, Kadistan kabupaten Blitar, Dandim, Kapolsek, Camat, Kades, Babinsa, PPL, Mantri tani dan anggota poktan.

Dari hasil pantauan pada umumnya petani mulai tanam sekitar bulan Oktober tahun 2017 menggunakan varietas Ciherang dengan total luas lahan sekitar 48 ha, 30 ha lainnya menggunakan varietas Way Apu, 12 ha menggunakan benih lokal Malindo dan sisanya menggunakan varietas Mekongga. Indeks pertanaman 3 artinya dalam setahun petani tanam dan panen sebanyak 3 kali. Hasil riil dilapangan dilaporkan produksi padi berkisar 7-7,5 ton/ha dengan harga gabah kering giling Rp 5.500/kg.

HPT yang menjadi kendala utama petani yaitu burung, namun permasalahan ini dapat diatasi dengan pemasangan jaring. Cara ini dilakukan selain aman dan tidak membahayakan lingkungan juga cukup efektif dalam mencegah kehilangan hasil akibat serangan hama.

upsus_13_1_18_blitarb

#PanenTerus #PanenMelimpah #StokAman