Upaya Khusus » Panen Setiap Hari di Kabupaten Malang

upsus_22_2_18_mlgaSenyum sumringah terpancar dari wajah petani di Kabupaten Malang ketika panen terus menerus tanpa henti dilakukan.

Meski cuaca kadangkala kurang bersahabat, tak menyurutkan langkah para pejuang pangan ini memetik hasil panennya.

Dari hasil pantauan Balitkabi dan Kodim 0818, aktivitas panen padi dilaporkan sebagai berikut:

# Selasa, 20 Februari 2018

Panen dilakukan pada 16 kecamatan yaitu Kecamatan Kasembon, Kepanjen, Sumberpucung, Pakisaji, Wagir, Turen, Gondanglegi, Tajinan, Tumpang, Jabung, Singosari, Karangploso, Tirtoyudo, Junrejo, Kromengan dan Wonosari pada lahan seluas 67,05 ha, provitas antara 5-8,3 t/ha. Panen terluas 21 ha di Desa Singosari Kecamatan Singosari, provitas tertinggi di Desa Bocek Kecamatan Karangploso.

# Rabu, 21 Februari 2018

Panen dilakukan di 15 kecamatan yaitu Kecamatan Kasembon, Kepanjen, Sumberpucung, Turen, Dampit, Ampelgading, Gondanglegi, Tajinan, Wajak, Tumpang, Pakis, Singosari, Lawang, Karangploso dan Wonosari pada lahan seluas 65,01 ha, Provitas antara 6-8,2 t/ha. Panen terluas 20 ha di Desa Lang Lang Kecamatan Singosari, provitas tertinggi di Desa Donowarih Kecamatan Karangploso.

# Kamis, 22 Februari 2018

Panen bersama dilakukan di kelompok tani Mekarsari II, yang tergabung dalam Gapoktan Jaya, Desa Jatikerto, Kecamatan Kromengan. Kegiatan panen dilakukan pada lahan 0,8 ha dari hamparan pertanaman seluas 60 ha. Varietas yang dipanen adalah Ciherang dan Inpari 10 dengan produktivas 6-6,5 t/ha, harga gabah kering panen (GKP) Rp4.700-4.800.

Kendala yang dialami petani adalah menurunnya kualitas gabah karena tingginya curah hujan, serangan penyakit blas yang disebabkan oleh jamur Pyricularia grisea dan kesulitan mendapatkan benih varietas unggul baru.

Panen bersama dihadiri: Bupati, Dandim 0818, Danrem 083, Danramil, Kadis Pertanian Kabupaten Malang, BPTP Jatim, Bulog, Ketua Dharma Pertiwi, Ketua Jalasenastri, Ketua Persit, Ketua Bhayangkara, Ketua tim Penggerak PKK Kab. Malang, Wakapolres, PPL, Babinsa, Camat, Aparat Desa serta Ketua dan Anggota Poktan.

# Jumat, 23 Februari 2018

Panen di lakukan di 12 Kecamatan yaitu pada Kecamatan Kepanjen, Pakisaji, Turen, Ampelgading, Gondanglegi, Tajinan, Wajak, Jabung, Lawang, Karangploso, Wonosari dan Tirtoyudo, pada lahan seluas 38,30 ha, provitas antara 5-8,5 t/ha. Panen terluas 10 ha di Desa Sanan Rejo Kecamatan Turen, provitas tertinggi di Desa Girimoyo Kecamatan Karangploso.


upsus_22_2_18_mlgb

#PanenPanenPanen #TiadaHariTanpaPanen #NusantaraPanen #SwasembadaPajale