Upaya Khusus » Persembahan Petani di Kabupaten Tulung Agung untuk Ketersediaan Pangan Negeri

upsus_15_1_18_tllgaHari ini 13 Januari 2018 panen raya dilakukan oleh petani yang tergabung dalam anggota Kelompok Tani Angudi Kemakmuran Rakyat (Angker) Desa Mojoarum Kec. Gondang Kab. Tulung Agung. Kegiatan panen raya dihadiri oleh Ka.Balitbangtan, ka BB2TP, Ka. BB Padi, Ka. Polres, Ka. Distan kabupaten, Dandim, Camat dan Aparat desa setempat.

Panen raya kali ini dilakukan pada lahan seluas 80 ha dari total 215 hamparan padi dengan produktivitas 8-9 ton/ha. Petani di kelompok tani Angker menyukai varietas Pak Tiwi 1 sehingga hampir 100 ha lahan ditanami padi varietas Pak Tiwi 1, 30 ha lahan ditanami padi varietas Inpari 16 dan dan sisanya ditanami varietas Ciherang. Pak Tiwi 1 merupakan varietas unggul yang memiliki produksi tinggi, toleran penyakit virus tungro dan hama wereng coklat biotipe 1, 2 dan 3.

Benih padi varietas Pak Tiwi 1 dilepas tahun 2012 memiliki anakan yang sangat produktif mencapai 25-35 anakan, dengan potensi hasil mencapai 11 ton/ha GKG. Kelebihan lainnya adalah daunnya tinggi sehingga aman dari gangguan burung.

Kegiatan panen di Desa Mojoarum dilaksanakan sejak tanggal 7 Januari 2018 dan diperkirakan selesai pada akhir Januari 2018. Meskipun nama kelompoknya angker tetapi harga yang diterima petani tidaklah mengerikan. Pada panen kali ini harga yang diterima petani naik 21% dari harga yang diterima pada periode yang sama tahun 2017. Harga GKP berkisar Rp. 5.800/kg dan GKG mampu menembus Rp. 6.700/kg.

Rona bahagia tidak dapat ditutupi, peluh keringat terbayar sudah dengan hasil melimpah dan harga GKG yang tinggi.

Terus semangat bapak tani… Jangan patah aral, yakinlah usahamu mencukupi pangan negeri ini sangatlah berarti bagi kami.

upsus_15_1_18_tllgb

#PanenMelimpah #TiadaHariTanpaPanen #SejahterakanPetani